Pemprov Riau akan rehabilitasi enam venue olahraga eks PON 2012 yang rusak

id Pemrov Riau

Pemprov Riau akan rehabilitasi enam venue olahraga eks PON 2012  yang rusak

Salah satu venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau tahun 2012. (Foto Antara/HO-Heru Mandalika/Diskominfotik Riau)

" Pada perencanaan ada 12 venue, namun yang masuk untuk dilakukan rehabilitasi hanya enam venue, sesuai ketersediaan anggaran".
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan merehabilitasi enam venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau tahun 2012 yang mengalami kerusakan dengan menggunakan APBD Riau tahun 2022 sebesar Rp12,2 miliar.

"Enam venue yang akan direhabilitasi itu yakni GOR Tribuana, Gelanggang Remaja, Stadion Kaharuddin Rumbai, Asrama Atlet Sport Center Rumbai, GOR Beladiri Sport Center Rumbai, dan Hall Sepak Takraw," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, Arief Setiawan kepada media di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan, proses rehabilitasi usai, venue eks PON Riau itu nantinya akan dimaksimalkan pengelolaannya dalam upaya meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dapat menjadi pemasukan bagi kas daerah Pemprov Riau.

Untuk sementara,Ariefmenambahkan, perbaikan sarana olahraga ini akan dilakukan untuk enam venue, dari rencana awal sebanyak 12 venue.

"Sebenarnya pada perencanaan ada 12 venue, namun yang masuk untuk dilakukan rehabilitasi hanya enamvenue. Kedepan kita akan perbaiki venue-venue lainnya, agar bisa dapat dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi RiauBoby Rachmat mengatakan, setelah enam venue tersebut diperbaiki, pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan fasilitas olahraga ini agar lebih berdaya guna.

"Untuk mengelola venue ini tentu harus diperbaiki dulu fasilitas yang mengalami kerusakan berat. Kalau semua sudah diperbaiki, maka diyakini akan banyak penyewanya seperti Stadion Kaharuddin yang kini banyak ditumbuhi rumput dan bisa mempengaruhi menurunnya minat sewa," katanya.