Resmikan renovasi Posal Selatpanjang, Ini instruksi Danlanal Dumai untuk Danposal

id TNI AL, lanal dumai, POSAL selatpanjang, selatpanjang

Resmikan renovasi Posal Selatpanjang, Ini instruksi Danlanal Dumai untuk Danposal

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC saat menandatangani prasasti Pos AL Selatpanjang. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan meresmikanrenovasi Pos TNI AL Selatpanjang di Jalan Jawi-Jawi, dalam rangka menjaga keamanan dan penegakan hukum di wilayah laut Kepulauan Meranti, Selasa (16/2).

Danlanal didampingi Sekda Kepulauan Meranti DR Kamsol. Tampak hadir juga Danramil/02Tebingtinggi Mayor (Arm) Bismi Tambunan, Kasat Binmas Polres Meranti AKP Jufri, Kepala Imigrasi Selatpanjang, KSOP Selatpanjang, Kadis Perikanan Eldy Syahputra, dan sejumlah pihak instansi vertikal serta tokoh masyarakat.

Himawan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Meranti dan semua pihak yang telah mendukung renovasi Posal Selatpanjangsehingga lebih representatif dalam mendukung tugas TNI AL di bidang kemaritiman.

"Atas nama pimpinan TNI Angkatan Laut saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Daerah dalam renovasi Pos AL Selatpanjang ini. Semoga ini dapat menunjang kami dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum di laut di wilayah pesisir," ujarnya.

Diceritakannya sekilas sejarah awal berdirinya Pos AL Selatpanjang sejak pada tahun1996 silam, ketika itu masih berupaUnit Tugas Keamanan Laut yang memiliki tugas utama untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan laut di daerah yuridis nasional.

"Seiring perkembangan zaman dan kompleksnya dinamika permasalahan di wilayah Laut Selatpanjang, pada tahun 2007 Unit Tugas Keamanan Laut Selatpanjang ditingkatkan kapasitasnya menjadi Pos AL hingga sekarang ini," jelasnya.

Menurut dia, ke depan tidak menutup kemungkinan Pos AL Selatpanjang akan ditingkatkan lagi menjadi Pangkalan Laut. Pertimbangan itu melihat wilayah Kepulauan Meranti yang semakin luas dan berada di kawasan strategis nasional, karena berhadapan langsung denganSelat Malaka di negara tetangga Malaysia, dan Singapura.

"Saya berharap keberadaan Pos AL Selatpanjang ini dapat menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait lainnya dalam menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah pesisir khususnya Kepulauan Meranti," ujarnya.

Baca juga: Peresmian Posmat TNI AL Bantan, Cegah kegiatan ilegal dan konflik nelayan

Tak hanya menjaga keamanan laut, Himawan juga menginstruksikan kepada Danposal Selatpanjang Letda Jerry Hendra agar turut berperan dalam pembinaan masyarakat yang berada di wilayah pesisir, sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya mendukung Pemerintah Daerah dalam mensukseskanKampung Kakap Putih yang merupakan program nasional yang dilaksanakan di kabupaten termuda di Riau itu.

"Kitaharus mampu bekerja sama dengan Pemda, Babinsa, Polri untuk bersama-sama membina masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan melalui program nasional ini," sambung Himawan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kamsol berharap sinergitas yang baik itu dapat semakin solid dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kepulauan Meranti. Yang menjadi prioritas saat ini adalah mensukseskan Kampung Kakap Putih.

"Kepulauan Meranti telah ditunjuk oleh Kementerian Perikanan RI sebagai sentra budidaya Kakap Putih Nasional. Untuk itu kita berharap Pos AL Selatpanjang dapat bekerjasama dalam mensukseskan program ini untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: Lanal Dumai gagalkan penyelundupan sabu 10,7 kg asal Malaysia

Baca juga: Danlanal Dumai lepas karangan bunga ke laut peringati Hari Dharma Samudera