Baru 50 persen siswa Pekanbaru belajar tatap muka, begini alasannya

id sekolah tatap muka,covid 19,covid pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Baru 50 persen siswa Pekanbaru belajar tatap muka, begini alasannya

Guru dan murid kelas 6 mengenakan masker ketika kembali belajar tatap muka di SDN 159, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (11/2/2021). ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, hanya mengizinkan 50 persen sekolah setempat yang belajar tatap muka pada minggu pertama percobaan.

"Kalau 14 hari ke depan belajar tatap muka tetap lancar, kita buka yang 50 persen lagi," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas di Pekanbaru, Kamis.

Dinas Belajar tatap muka di Kota Pekanbaru sudah berjalan tiga hari. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru masih lakukan pengawasan terhadap ratusan sekolah.

Dikatakan dia, saat ini hanya 87 SD negeri dan 36 SMP negeri di Kota Pekanbaru, yang telah melaksanakan uji coba belajar tatap muka.

"123 sekolah yang mulai melaksakan tatap muka itu masih 50 persen dari total SD negeri dan SMP negeri yang ada di Pekanbaru," katanya.

Seluruh sekolah yang melaksanakan uji coba belajar tatap muka, berada di rilayah kecamatan zona kuning sebaran wabah COVID-19, sedangkan yang berlokasi di zona orange tidak ada yang buka sama sekali.

"Itupun siswa yang ke sekolah adalah anak-anak yang duduk di kelas akhir yakni kelas VI SD dan kelas IX, karena menyikapi persiapan ujian kelulusan," katanya.

Ia menambahkan, tiap anak hanya diberi waktu sekolah tatap muka dua kali dalam sepekan, guna membahas materi pelajaran yang sulit, selama dilakukan lewat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Sekalian memberikan tugas-tugas untuk dibahas di rumah," katanya.

Katanya, sejauh ini pemantauan pelaksanaan sekolah tatap muka di Pekanbaru berjalan lancar, tidak ada kendala berarti.

" Kami akan terus pantau, secara acak, Alhamdulillah, kita tidak menemukan kelalaian-kelalaian dari pihak sekolah. Pelaksanaan berjalan lancar sesuai yang diharapkan," tukas Ismardi Ilyas.

Baca juga: Pekanbaru mulai sekolah tatap muka di tengah pandemi, begini penjelasannya

Baca juga: Sekolah tatap muka di Inhil dimulai 15 Februari

Baca juga: Tiga kecamatan di Pekanbaru belum bisa sekolah tatap muka