Tekan kecelakaan, 10 marka kejut kembali dipasang di Tol Pekanbaru-Dumai

id tol pekanbaru, tol dumai, kecelakaan tol, kecelakaan tol pekanbaru, tol permai

Tekan kecelakaan, 10 marka kejut kembali dipasang di Tol Pekanbaru-Dumai

Ilustrasi Tol Pekanbaru-Dumai.(Arsip Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) kembali menambah 10 titik marka kejut (rumble strips) yang akan dipasang di sejumlah titik rawan kecelakaan di sepanjang jalan bebas hambatan pertama di Provinsi Riau tersebut.

"Tahun ini kembali kita menambah rumble strips. Ada 10 titik, kita utamakan di titik rawan kecelakaan," kata Branc Manager PT HK, Indrayanamelalui pernyataannya di Pekanbaru, Ahad.

Pada tahun lalu, lanjutnya, 10 titik marka kejut juga sudah pasang di sejumlah titik rawan kecelakaan di jalan Tol Permai. Diharapkan, dengan adanya penambahan 10 titik rumble strips tersebut, dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang sebagian besar disebabkan faktor kelelahan. Marka kejut itu diharapkan membuat pengendara tersentak dan sadar jika dia melewati batas marka yang dilaluinya.

"Kalau kondisi pengendara lelah, setelah melalui rumble strips dapat kembali fresh. Karena sebagian kasus kecelakaan di tol karena lelah atau mengantuk," ujarIndrayana.

Baca juga: Ini kecelakaan di Tol Pekanbaru-Dumai di hari pertama pemberlakuan tarif

Selain itu, PT HK juga pada tahun ini akan memasang weighin motionhighwaysystem. Nantinya, alat timbang ini diletakkan di akses pintu masuk jalan tol Permai.

Gunanya, untuk menimbang kendaraan, khususnya mobil bermuatan besar yang masuk ke jalan tol tanpa mengganggu arus trafik. "Kalau melebihi muatan, akan langsung terdeteksi berapa beratnya. Kalau melebihi kapasitas beratnya maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku," ungkapnya.

Baca juga: Duka korban Lakalantas di Tol Pekanbaru-Dumai, pulang dari kampung hendak menikahkan anak

Baca juga: Lagi, kecelakaan Tol Permai telan satu nyawa