Tiba di Rutan Sialang Bungkuk, 101 tahanan diisolasi 14 hari

id rutan sialang bungkuk,covid riau,lapas covid,berita riau antara,berita riau terbaru

Tiba di Rutan Sialang Bungkuk, 101 tahanan diisolasi 14 hari

Sejumlah tahanan ketika tiba di Rutan Sialang Bungkuk.(ANTARA/HO-Pemprov Riau)

PEKANBARU, (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Sialang Bungkuk Pekanbaru menerima 101 tahanan baru titipan dari berbagai instansi penegak hukum di Riau yang akan ditempatkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita sudah terima 101 tahanan, kemarin dengan protokol kesehatan yang ketat, penerimaan tahanan baru ini mengikuti standar prosedur COVID-19," kata Kasi Pelayanan Tahanan (Yanta) Rutan Kelas I Sialang Bungkuk, Agus Heri, di Pekanbaru, Selasa.

Ada pun rincian 101 tahanan baru, yakni dari Kepolisian Daerah Riau 26 orang, Kepolisian Sektor Tampan 15 orang. Lalu Polsek Lima Puluh 10 orang, Polsek Senapelan 10 orang, Polsek Payung Sekaki 10 orang, dan Polsek Rumbai Pesisir 30 orang.

Menurut Agus semua warga binaan wajib menjalani protokol kesehata guna mengantisipasi terjadinya penyebaran COVID-19. Diantaranya, mengecek suhu badan, mandi lalu mengganti pakaian serta memakai masker baru yang sudah disiapkan pihak Rutan.

Setelah itu, tahanan diregistrasi lalu disiloasi atau ditempatkan blok khusus tahanan baru. Penempatan tahanan baru di blok khusus tersebut, selama 14 hari dan setelah dilalui para tahanan akan kembali akan dilakukan tes cepat.

"Setelah 14 diisolasi, akan dilakukan tes cepat oleh dokter. Jika hasilnya positif maka akan dilanjutkan isolasi 14 hari ke depan, jika negatif maka akan digabungkan dengan warga binaan yang lainnya," papar Agus.

Baca juga: Buron dua tahun, Napi Sialang Bungkuk dibekuk setelah curi motor

Baca juga: 1.429 orang Riau terduga TBC, 50 berstatus warga binaan Rutan Pekanbaru

Baca juga: 95 Persen Penghuni Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Tidak Memilih, Firdaus-Rusli Effendi Menang di sini