Calon Kapolri Komjen Pol.Listyo Sigit menonjol sejak di Surakarta

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Kapolri

Calon Kapolri Komjen Pol.Listyo Sigit menonjol sejak di Surakarta

Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana mengatakan Calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI relatif menonjol sejak bekerja sama dengan Jokowi di Kota Surakarta.

"Profil Komjen Pol. Listyo Sigit memang relatif menonjol sejak menjabat sebagai Kapolresta Surakarta pada tahun 2011," kata Eva dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Ketua DPR terima Surat Presiden tentang Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri

Saat itu, kata Eva, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menjabat Kapolresta Surakarta dan pernah bekerja bareng dengan Presiden Jokowi yang pada waktu itu sebagai Wali Kota Surakarta.

"Bagaimana pun, hal itu bisa menjadi kekuatan sekaligus keunggulan tersendiri bagi Komjen Pol. Listyo Sigit dalam memimpin Korps Bhayangkara ke depan nanti," kata Eva.

Eva mencatat sejak menjabat Kapolresta Surakarta, Listyo Sigit Prabowo selalu menempati posisi-posisi strategis dalam jenjang karier di kepolisian.

Listyo pernah bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pada tahun 2013. Setahun kemudian, setelah Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014, Listyo Sigit diberi tugas sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Dua tahun kemudian, kariernya terus cemerlang dengan jabatan sebagai Kapolda Banten pada tahun 2016, Kadiv Propam Mabes Polri 2018, dan terakhir menjabat Kepala Bareskrim Polri sejak 2019 hingga saat ini.

Selain itu, kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinerginya juga menjadi modal penting bagi Listyo dalam menghadapi beragam tantangan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dihadapi Korps Bhayangkara ke depan.

Oleh karena itu, Eva menyambut positif terpilihnya Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri yang baru.

"Kata kuncinya adalah kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinergi. Sosok yang seperti itulah yang secara positif bisa menjadi modal dasar dan kekuatan bagi Komjen Pol. Listyo Sigit memimpin Korps Bhayangkara ke depan," kata Eva.

Menurut Eva, tantangan Polri ke depan dalam menjaga dan menciptakan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di tengah masyarakat tidaklah mudah.

Berbagai pola kriminalitas, kata dia, terus berubah sesuai dengan perkembangan teknologi dan zaman. Beragam bentuk kejahatan sering kali muncul tanpa referensi penanganan sebelumnya.

Mulai tindak pidana peredaran narkoba yang makin rapi, kejahatan siber yang kian canggih, tindak korupsi yang terus terbungkus halus, dan belum lagi bermacam tindak pidana reguler lainnya yang seolah tak pernah selesai diberantas.

Ia optimistis dan percaya sepenuhnya bahwa jika diputuskan oleh DPR, Komjen Pol. Listyo Sigit mampu memimpin Kepolisian RI ke depan.

Sebagai mitra kerja Komisi III, dia menaruh harapan besar kepada jajaran kepolisian untuk terus sinergi membangun bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

"Insyaallah, jabatan baru Komjen Pol. Listyo Sigit sebagai Kapolri betul-betul amanah dan menjadi berkah untuk kita semua," kata Eva.

Baca juga: Jelang pensiun Kapolri Jenderal Pol Idham Azis surati Presiden tunjuk pengganti dirinya

Baca juga: DPR belum terima Surat dari Presiden terkait calon Kapolri baru


Pewarta: Abdu Faisal