KPU kabupaten/kota di Riau mulai distribusikan surat suara ke kecamamatan

id pilkada riau,surat suara,kpu,berita riau antara,berita riau terbaru

KPU kabupaten/kota di Riau mulai distribusikan surat suara ke kecamamatan

Pendistribusian surat suara dan logistik ke Kecamatan Tualang, Kandis dan Sei Apit, Pekanbaru, Minggu (6/12). (ANTARA/HO-KPU Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengatakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, saat ini memasuki proses pendistribusian surat suara dan logistik dari kantor KPU sembilan kabupaten/kota ke kantor kecamatan setempat.

"Siak baru dapat info, pagi kemarin sudah ada yang bergerak logistiknya dari KPU Siak ke kecamatan dulu, tidak langsung ke KPPS," kata Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir di Pekanbaru, Senin.

Ilham mengatakan KPU Riau bahkan sebelum proses distribusi memastikan semua pengesetan logistik Pilkada lengkap tidak ada yang tertinggal.

"KPU memastikan saat pengesetan logistik surat suara dan perlengkapannya tidak ada yang tertinggal, prinsipnya tepat jumlah dan tepat waktu," katanya.

Selanjutnya setelah selesai tanggal 6 Desember proses distribusi ke tingkat kecamatan langsung dilakukan 7-8 Desember.

"Sejauh ini prosesnya berjalan lancar bahkan pada Minggu (6/12) KPU sudah proses distribusi surat suara ke Kecamatan Tasik Puyuh dan Rangsang karena terjauh," kata dia.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengatakan, sudah mulai mendistribusikan surat suara yang akan digunakan untuk Pilkada pada Ahad (6/12).

Dikatakan dia Pilkada Rohul, KPU menyiapkan sebanyak 333.443 lembar surat suara terdiri dari 331.443 surat suara sesuai jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ditambah cadangan 2,5 persen dari jumlah DPT di setiap TPS dan 2.000 surat suara cadangan jika terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Pendistribusian logistik Pilkada Rohul dilakukan secara bertahap hingga tanggal 8 Desember mendatang. Ada 12 truck yang digunakan," kata Ketua KPU Rohul Elfendri.

Berikut DPT Pilkada serentak 2020 sembilan kabupaten/kota Riau, Rokan Hilir 397.918 pemilih, Bengkalis 385.981 pemilih, Rokan Hulu 322.824 pemilih, Indragiri Hulu 291.485 pemilih, Siak 267.640 pemilih, Kuantan Singingi 230.488 pemilih, Pelalawan 219.203 pemilih, Dumai 204.086 pemilih dan Kepulauan Meranti 139.234 pemilih.

Baca juga: DPR ajak seluruh elemen masyarakat untuk kawal pelaksanaan Pilkada 2020

Baca juga: Ini tips dari KPU agar aman datang ke TPS saat pandemi COVID-19

Baca juga: 16 truk logistik pilkada Inhu mulai disitribusikan