Kadisperindag: SPBU bandel akan ditindak

id kadisperindag spbu, bandel akan ditindak

Pekanbaru - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, Riau, Elsyabrina mengingatkan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum yang ketahuan berbuat curang akan ditindak tegas.

"Jika masih ada SPBU yang membandel atau berbuat curang bahkan menimbun BBM bersubsidi, akan segera ditindak tegas. Hal ini sudah berulang kali kami sampaikan ke sejumlah operator SPBU," katanya di Pekanbaru, Senin.

Intinya, kata dia, Disperindag Pekanbaru bersama Unit Pelayanan Teknis (UPT) Metrologi Provinsi Riau juga akan terus melakukan pengawasan secara rutin terhadap puluhan SPBU di Pekanbaru, khususnya untuk memeriksa meteran mesin pompa.

"Apalagi beberapa pekan lalu dua SPBU di Pekanbaru yaitu SPBU Jalan Durian dan SPBU Jalan Kulim sempat disegel mesin pompanya karena takaran yang jauh dari cukup," ujarnya.

Dua kasus tersebut, katanya, membuat Disperindag dan sejumlah pihak terkait lainnya jengkel, karena masyarakat dirugikan.

"Dengan temuan kasus ini, kami bakal lebih waspada dan ketat mengawasi seluruh SPBU di Pekanbaru," katanya.

Pengawasan, kata Elsyabrina, juga terfokus pada kawasan distribusi BBM bersubsidi mulai dari Depo Pertamina hingga ke SPBU.

"Jika ada pelanggaran pidana, seperti penimbunan BBM, kasus ini akan dilaporkan ke pihak yang berwajib," ujarnya.

Menurutnya, Disperindag hanya dapat megawasi jalur distribusi BBM bersubsidi jelang kenaikan harga pada April 2012.

"Untuk penindakan, kalau ada penimbunan BBM bersubsidi, adalah wewenang aparat kepolisian," katanya.