Ratusan rumah warga di Kuansing terendam banjir

id Ratusan rumah warga di kuansing terendam,banjir kuansing

Ratusan rumah warga di Kuansing terendam banjir

Ratusan rumah warga di kuansing terendam. (ANTARA/dok)

Kuantan Singingi (ANTARA) - Ratusan rumah di Kabupaten Kuantan Singingi terendam banjir, terutama di wilayah Kecamatan Gunung Toar dan Inumanakibat hujan deras yang melanda daerah itu.

Bahkan sudah ada warga yang mengungsi ke rumah saudaranya terdekat menyelamatkan diri seperti yang terlihat, Selasa.

"Banjir bandang saat ini melebihi dari tahun - tahun sebelumnya," kata salah satu warga Inuman, Henti di Teluk Kuantan.

Rumah warga terutama yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS), rawan tenggelam, ketinggian air sudah mencapai satu meter dan terlihat lebih berbahaya adalah di dataran rendah yang juga padat penduduk yang juga terendam.

Puluhan tahun lalu, kondisi air belum seperti saat ini, sejak dilanda hujan lebat dalam beberapa hari, justru memporakporandakan sejumlah fasilitas umum, seperti jalan, sekolah dan rumah ibadah.

Salah satu warga Kuansing Ongah (54) menyebutkan, untuk wilayah Gunung Toar, terutama di Petapahan, kondisi air mencapai lebih satu meter, kondisi sungai meluap. Jika masyarakat tidak waspada justru dapat mengancam keselamatan.

"Air di bawah jembatan terlihat mengalir deras, jika terjatuh sangat beresiko bagi warga setempat," ujarnya.

Karena itu, sudah saatnya instansi terkait turun ke lapangan meninjau kondisi masyarakat, dan memberikan bantuan. Setakat ini banyak warga butuh bantuan dan mendapatkan perhatian serius.

Hingga saat ini, jumlah warga yang terkena dampak banjir belum dapat dikonfirmasi dari instansi terkait dan juga berkaitan dengan bantuan yang telah didistribusikan.

Baca juga: Banjir Rob Dumai Telan Korban Jiwa, diduga tersetrum listrik

Baca juga: Terdapat 25 titik rawan banjir di Pekanbaru belum dibenahi