Gubri minta yang baru pulang liburan agar isolasi mandiri di rumah

id gubernur riau, covid19,satgascovid19,ingatpesanibu

Gubri minta yang baru pulang liburan agar isolasi mandiri di rumah

Gubernur Riau Syamsuar. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menekankan kepada pemerintah kabupaten/kota agar memperketat pemantauan untuk isolasi mandiri setiap orang di wilayahnya pascalibur panjang cuti bersama akhir Oktober 2020.

Hal ini diperlukan sebagai langkah antisipasi melonjaknya kasus konfirmasi Corona (COVID-19) Riau."Kami meminta kepada Pemkab/kota kalau ada orang yang baru datang sebaiknya perketat isolasi mandiri di rumah," ujarnya, di Pekanbaru, Senin.

Syamsuar lebih khusus menegaskan, pemkab/kota juga diminta untuk meningkatkan pengawasan dilakukan terhadap orang yang baru datang dari wilayah zona merah. Untuk sementara, kata Syamsuar, sebaiknya ditekankan agar mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Dia menambahkan, untuk antisipasi tingkat provinsi sendiri, Pemprov Riau sudah sudah meningkatkan kapasitas ruang isolasi di fasilitas kesehatan. Itu di rumah sakit dan ruang isolasi yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah.

"Bagi warga yang baru pulang liburan, setidaknya isolasi mandiri dulu lah di rumah minimal 10 hari. Jadi tolong lah jangan ke mana-mana dulu," jelasnya.

Dia menambahkan, Pemprov Riau berharap pascalibur panjang cuti bersama eskalasi kasus terkonfirmasi COVID-19 Riau tidak lagi meningkat seperti sebelumnya. Meski demikian upaya antisipasi tetap harus dimaksimalkan.

Pasca-libur iniJumlah tambahan harian pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Riau menurun drastis yakni hanya 11 orang. Itu bukan karena tidak ada kasus, melainkan tidak banyaknya tes usap (swab) dilakukan karena libur panjang.

"Kemarin ada yang istirahat, dan kita setiap hari ada yang kerja. di masa libur panjang ini orang juga jarang yang melakukan pemeriksaan, dan yang ada di biomolekuler istirahat. Kita disinfeksikan semua ruangan, pembersihanlah untuk proteksi," kataDirektur RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzely. (Adv)

#satgascovid19

#ingatpesanibu