IKJR pertegas dukungannya untuk Alfedri-Husni di Pilkada Siak

id ikjr, pilkaDA SIAK, ALFEDRI

IKJR pertegas dukungannya untuk Alfedri-Husni di Pilkada Siak

Ketua IKJR Jakiman. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Jawa Riau (DPP IKJR) mempertegas pihaknya tetap solid mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Siak nomor urut 2 Alfedri-Husni Merza pada Pemilihan Kepala Daerah setempat 9 Desember 2020.

"Alasan menjatuhkan pilihan ke Alfedri yakni sosok, akhlak, pengalaman, rekam jejak, kemampuan dan kecocokan dalam memimpin daerah itu sendiri, IKJR memantapkan sikap untuk mendukung Alfedri-Husni," kataKetua DPP IKJR, Jakiman, Kamis.

Jakiman menyebutkan kecocokan Alfedri dalam memimpin dimaksud adalah orang yang bisa mengoptimalkan kelebihan daerah dan bisa meminimalkan kekurangan daerah. Kemudian juga dianggap orang yang bisa memanfaatkan peluang dan bisa mengantisipasi tantangan.

Dikatakannya, orang Jawa di Siak ini sekitar 30 persen, salah satu suku paling banyak di Siak. Dengan jumlah yang besar ini harus dibarengi dengan potensi yang ada dan harus bisa memberikan sumbangsih untuk pembangunan Siak.

"Sehingga bisa memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan. Jangan sampai pula jumlah yang besar menjadi beban pembangunan," jelas Jakiman.

Sementara itu, Ketua Komunitas Ngapak Riau sekaligus Dewan Penasehat DPP IKJR Mansur menegaskan sikap IKJR mendukung Alfedri-Husni. Soal klaim ada yang mendukung calon lain dikatakannya tidak benar danakan ada rapat apakah akan disiapkan sanksi ke oknum tersebut.

"Kemarin itu hanya pengurus yang tidak aktif dan yang tidak punya peran di IKJR. Karena sebelumnya pengurus semuanya sudah ada kesepakatan untuk mendukung Alfedri-Husni," ujar Mansur.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah IKJR Siak, Sukijo mengatakan pihaknya sesuai dengan kesepakatan telah sepakat dan solid mendukung Alfedri-Husni. Semua kecamatan kata dia juga sudah solid mendukung dan telah menggelar deklarasi di Tualang untuk mendukung penuh Alfedri-Husni.

"Setelah itu menyusul paguyuban lain yang tergabung di dalam Sedulur Alfedri-Husni seperti Misuri dan Ciayumajakuning akan menggelar deklarasi di Lubuk Dalam," ungkapnya.

Pasangan calon Alfedri-Husni pada pilkada Siak 2020, diusung PAN, PKB, PPP, Hanura dan NasDem, sementara partai pendukung PKPI, Perindo, Berkarya dan Gelora. Calon petahana itu akan ditantang dua paslon lainnya, yakni Sayed Abubakar Assegaf-Reni Nurita dan Said Arif Fadillah-Sujarwo