Jalan ke Sungai Apit baru diperbaiki ketika Alfedri jadi bupati

id Alfedri, pilkada siak

Jalan ke Sungai Apit baru diperbaiki ketika Alfedri jadi bupati

Kadis PU Tarukim Siak, Irving Kahar ketika bersama Bupati Siak non aktif saat ini, Alfedri.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, dan Permukiman Kabupaten Siak melakukan peningkatan jalan masuk ke Kecamatan Sungai Apit tahun 2020 ini dan diusulkan baru ketika Alfedri menjadi Bupati 2019 lalu.

"Apa yang dikeluhkan masyarakat itu, baru pada 2020 ini jalan akses masuk ke kota Sungai Apit ditingkatkan. Dari tahun 2014 belum pernah dilakukan peningkatan," kata Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Selasa.

Hal itu disampaikannya terkait adanya keluhan warga ke Gubernur RiauSyamsuar saat peresmian pasar Seri Kualodi Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak pekan lalu.

Selama ini, lanjutnya, hanya dilakukan dengan pemeliharaan rutin untuk menjaga kondisi jalan mantap. Baru pada 2020 ini Pemkab Siak, melalui Dinas PU Tarukim, melakukan pelebaran jalan yang memang dari dahulu sudah diinginkan masyarakat Kecamatan Sungai Apit.

"Jalan akses yang dahulunya lebar 5 meter dan bahu jalan 1 meter kiri dan kanan akan dilebarkan menjadi total 11,5 meter sehingga nantinya akan mengurangi angka kecelakaan pada ruas jalan tersebut," ungkap dia.

Pada ruas jalan tersebut juga akan dibuat median sebagai pembatas lajur dan arah dengan lebar satu meter. Kemudian diberi Penerangan Jalan Umum (PJU) di tengah median jalan tersebut, sehingga akan membuat akses masuk kota Sungai Apit lebih indah.

Menurut Irving, pada kondisi COVID-19 ini anggaran untuk peningkatan ruas jalan tersebut terkendala karena harus dikurangi pagu anggarannya 50 persen. Hal itu sesuai keputusan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri.

"Pada 2020 ini pekerjaan hanya dilakukan secara bertahap untuk pelebaran jalan saja. Pada 2021 mendatang akan dilaksanakan pekerjaan yang terpotong akibat anggaran COVID-19 tersebut," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar