Pejabat eselon II Kampar lakukan tes usap massal

id kabupaten kampar, riau,kampar, tes usap kampar, covid kampar

Pejabat eselon II Kampar lakukan tes usap massal

Sekdakab Kampar Drs Yusri saat jalani tes usap, Sabtu (22/8). (ANTARA/HO-Diskominfo Kampar)

Kampar (ANTARA) - Hampir seluruh pejabat eselon II Kabupaten Kampar, Riau, melakukan tes usap (Swab) kepada seluruh ASN Pemkab Kampar, di Kantor Dinas Kesehatan setempat guna mendeteksi penyebaran COVID-19, Sabtu sore.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri di Kampar mengatakan kegiatan itu instruksi Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto setelah menerima kunjungan kerja Gubernur Riau di wilayahnya beberapa hadi lalu dalam rangka asistensi terhadap pencegahan COVID-19.

"Alhamdulillah hampir keseluruhan pejabat Esselon II telah ikut tes swab hari ini, dan saya pun juga melakukan tes swab," kata Yusri.

Tes swab massal itu dilakukan mengingat masih tingginya penyebaran COVID-19 di Kabupaten Kampar sehingga kabupaten yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru berada pada zona orange.

Baca juga: Bupati Kampar terima hadiah lukisan wajah dari Siswi SMA saat HUT RI

Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten yang masih rendah cakupan tes swab sehingga perlu dilakukan tes usap secara massal.

"Hari ini kita tes swab khusus eselon II, selanjutnya kepada seluruh ASN/THL (Aparatur Sipil Negara/Tenaga Honor Lepas) dan seluruh masyarakat baik yang kontak erat maupun masyarakat lainnya juga akan dites swab," kata Yusri.

Yusri juga mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19 yakni dengan cara memakai masker, kerap mencuci tangan dan menjaga jarak saat bertemu dengan orang lain.

Hingga Sabtu sore, jumlah orang terkonfirmasi positif di Kabupaten Kampar sebanyak 47 orang dengan rincian 20 orang menjalani isolasi, 15 pasien dirawat di rumah sakit, 11 orang dinyatakan sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Baca juga: Golkar Kampar buka Rumah Belajar, fasilitasi siswa belajar daring