DLH Rokan Hilir bersihkan Sungai Pabrik antisipasi banjir

id Dlh,DLH Rokan Hilir, rokan hilir, berita rohil

DLH Rokan Hilir bersihkan Sungai Pabrik antisipasi banjir

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi (kanan) saat meninjau pembersihan Sungai Pabrik di Jalan Bintang RT 02/RW 01 Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko, Kamis (9/7/2020). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir membersihkan Sungai Pabrik yang berlokasi di Jalan Bintang RT 02/RW 01 Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko, guna menjaga kebersihan aliran sungai supaya tidak terjadi banjir di wilayah itu.

Kepala DLH Rokan Hilir Suwandi di Bagansiapiapi, Kamis (9/7) mengatakan bahwa Sungai Pabrik ini merupakan salah satu sungai yang berada di jantung Kota Bagansiapiapi, Ibukota Kabupaten Rokan Hilir.

"Tentu kebersihannya tetap kita jaga, kemudian juga sebagai fungsi untuk pengendalian banjir. Seperti kita lihat saat ini bahwasannya kondisi sungai pabrik sudah mulai tertutup oleh tumbuh-tumbuhan, terutama eceng gondok," katanya.

Suwandi mengatakan sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan pembersihan dengan menggunakan alat berat.

Namun karena ada medan disini agak sedikit sulit dan alat berat juga tidak bisa dimaksimalkan, maka selama dua hari ini sudah menggunakan manual dikerjakan oleh petugas yang ada di DLH.

"Alhamdulillah selama dua hari ini petugas kita bekerja membersihkan Sungai Pabrik sudah hampir 1 km," sebutnya.

Pembersihan itu akan dilanjutkan sampai ke Parit Bay Park sehingga diharapkan sungai pabrik ini kondisinya bersih.

"Walaupun ada pendangkalan, tetapi kalau tidak ada tumbuh-tumbuhan tentu otomatis aliran airnya agak sedikit lancar. Mungkin target kita sekitar 2 atau 3 km kita bersihkan semaksimal mungkin," demikian Suwandi.

Baca juga: Hadiri syukuran pembangunan Hutan Kota, ini harapan Bupati Rohil

Baca juga: Polres Rokan Hilir ziarah ke Taman Makam Pahlawan


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar