DLH DKI manfaatkan botol plastik bekas jadi perahu untuk sambut Hari Sungai

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru,DLHK

DLH DKI manfaatkan botol plastik bekas jadi perahu untuk sambut Hari Sungai

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta memamerkan 32 perahu dari botol plastik untuk menyambut Hari Sungai Nasional melalui Festival Cinta Lingkungan (Cilung) 2024, Jakarta, Sabtu (27/7/2024) (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memanfaatkan botol plastik menjadi 32 perahu untuk menyambut Hari Sungai Nasional melalui Festival Cinta Lingkungan (Cilung) 2024.

"Ini merupakan festival pertama kali yang diikuti oleh 32 perahu yang semuanya terbuat dari sampah plastik, terutama botol kemasan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu.

Melalui Unit Penanganan Sampah Badan Air (UPS BA), festival ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan khususnya sungai.

Menurut dia, Sungai Ciliwung telah menjadi sumber air minum maupun untuk kebutuhan lainnya warga sekitar, maka kebersihannya harus terjaga.

Terlebih, UPS BA mencatat telah mengumpulkan 300 ton sampah baik dari sungai maupun wilayah di DKI Jakarta per tahunnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus mengurangi sampah dari sumbernya dan mendukung program pengurangan sampah yang ditargetkan sebesar 28 persen pada tahun 2024 dan 30 persen pada tahun 2025.

"Kami juga berupaya untuk mengintegrasikan Rencana Aksi Nasional Ekonomi Sirkular 2025-2045 dalam kebijakan daerah guna menciptakan sistem ekonomi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan," ujarnya.

Selain itu, diharapkan pula dengan adanya festival ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat bantaran kali untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan kebersihan.

"Kami juga terus mengimbau agar tidak menjadikan kali sebagai tempat sampah tapi juga dirawat untuk kelestarian dan keberlangsungan hidup kita," ujarnya.

Ke depannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertimbangkan perahu dalam festival ini bisa menjadi ajang wisata maupun tempat kuliner juga bagi seluruh warga.

"Sebagai objek wisata masyarakat, jangan lupa tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) untuk menjamin keamanan dengan dicek secara berkala," ujarnya.

Kepala UPS BA Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Dadang Cahya Rusdiana mengatakan, kegiatan ini menampilkan berbagai kegiatan menarik.

Misalnya, menaiki Perahu Cilung secara gratis, mendapat pupuk kompos gratis, melihat pameran produk olahan dari sampah dan berpartisipasi dalam penandatanganan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan sungai di Jakarta.

Baca juga: Memberdayakan botol plastik bekas jadi perahu pengangkut sampah