HUT Bhayangkara perkuat sinergitas lawan Corona dan Karhutla Riau

id Bhayangkara, HUT Bhayangkara, Polda Riau,HUT Polri, bhayangkara, POlda Riau, Riau

HUT Bhayangkara perkuat sinergitas lawan Corona dan Karhutla Riau

Perayaan HUT Bhayangkara ke-74 yang dilaksanakan Polda Riau berlangsung sederhana. (ANTARA/HO Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Daerah Riau memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74 secara sederhana di Aula Markas Brigade Mobil, Kota Pekanbaru, Rabu.

Peringatan HUT Bhayangkara itu turut dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mia Amiati, Komandan Resor Militer 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Syech Ismed, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Rony Irianto Moningka dan segenap unsur pimpinan daerah lainnya.

Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi mengatakan peringatan HUT Bhayangkara ke-74 ini menjadi pelecut semangat Korps Bhayangkara untuk terus menjaga keamanan dan situasi kondusif di masyarakat. Salah satunya tetap memprioritaskan penanganan COVID-19 dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-74, 'Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif'. Tema itu menggambarkan situasi di masyarakat, saat pandemi COVID-19.

"Tema yang sesuai situasi saat ini. Di mana kita semua dalam situasi COVID, akan menjaga kamtibnas dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, saat ini yang lebih penting dilakukan adalah melakukan penguatan penanganan COVID-19. Perlu kerjasama semua pihak agar penyebaran COVID-19 bisa berhasil dengan baik.

Tidak hanya COVID-19, penanganan Karhutla juga menjadi prioritas yang diselesaikan Polda Riau dan jajaran. Polda akan terus berkoordinasi dengan Satgas Karhutla Provinsi Riau dan stakeholder.

"Salah satu cara menangani situasi kondusif adalah penanganan Karhutla. Tentu kita akan terus tangani bersama Satgas Karhutla Proovinsi Riau dan stakeholder dan masyarakat," tutur Agung.

Agung menyatakanCOVID-19 dan Karhutla ditangani dalam mekanisme yang jelas. "Kita sudah membagi tugas. Mekanisme operasi penanganan Karhutla dan COVOD-19," ucap Agung.

Tidak lupa, Agung mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau, Kepala Kejaksaan, TNI, pengadilan dan pihak lain yang sudah mendukung tugas Polda Riau.

"Terima kasih pada masyarakat yang ikut menjaga situasi kondusif agar kita bisa menjalani kehidupan lebih baik. Riau akan terus kita jaga dan majukan bersama," tegas Agung.

Gubernur Riau, Syamsuar, juga menyampaikannya terima kasih kepada Polda dan jajaran yang sudah menjagai situasi kondusif di masyarakat. Dia berharap situasi ini tetap terus terjaga.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas dukungan Polri, TNI, kejaksaan dan komponen lain. Sehingga dua masalah yang dirasakan saat ini, COVID-19 dan Karhutla, dapat ditangani bersama," kata Syamsuar.

Baca juga: Polisi selidiki kebakaran lahan gambut di Pelalawan

Baca juga: Ratusan sepeda motor distribusikan 1.300 paket sembako Polda Riau di Siak