Gubernur Riau : 'Bakul online' gairahkan UMKM saat normal baru

id Gubernur,pertamina,gubernur riau

Gubernur Riau : 'Bakul online' gairahkan UMKM saat normal baru

Gubernur Riau Syamsuar. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi kegiatan Bazar Kuliner (Bakul) online atau daring yang digelar Pertamina bersama Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Riau di Jalan Arifin Achmad Kota Pekanbaru, guna membangkitkan geliat Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dimasa normal baru.

"Saya mendukung sekali kegiatan 'Bakul Online' ini karena Riau saat ini memang fokus menyelamatkan perekonomian UMKM," kata Gubernur Riau Syamsuar pada pembukaan acara di Pekanbaru Selasa.

Kata Syamsuar, lewat 'Bakul Online' UMKM dapat bersaing dengan meningkatkankualitasnya di pasaran.

"Ayo para pengunjung baik langsung dan yang di rumah silahkan beli dagangan UMKM ini karena kualitasnya bagus," kata Syamsuar.

Sementara itu, Unit Manager Communication Relations & CSR MOR I Roby Hervindo mengatakan Pertamina mendukung kegiatan ini karena menjadi salah satu upaya untuk membangkitkan UMKM dari tekanan pandemi, juga untuk bertahan dan berkembang di era normal baru.

"Kegiatan ini memungkinkan pelaku UMKM berjualan langsung dengan protokol COVID-19, serta melalui daring bekerja sama dengan aplikasi Gofood dan Goshop dari Gojek," kata Roby Hervindo.

Kata dia 'Bakul Online' dilaksanakan mulai tanggal 28 Juni sampai dengan 12 Juli 2020 pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB di UMKM HUB Jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

Bakul Online ini diikuti oleh UMKM yang ada di Provinsi Riau khususnya di bidang kuliner. Tidak hanya menjajakan produk secara langsung dan daring, namun kegiatan juga diisi oleh talkshow oleh wirausaha, foodcourt anti COVID-19, lomba masak virtual, dan lain sebagainya.

Roby menambahkan, Pertamina MOR I mengikutsertakan lima UMKM mitra binaan Pertamina dalam ajang ini. Keikutsertaan mereka diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan menjaring konsumen baru.

Pertamina sendiri terus menggencarkan dukungan bagi UMKM melalui Program Kemitraan. Program ini memberikan pinjaman bergulir maksimal Rp200 juta, dengan biaya administrasi hanya tiga persen. Peminjaman modal ini, dibarengi pula dengan program pembinaan dan pembimbingan bagi UMKM mitra binaan Pertamina.

Baca juga: Gubernur Riau ajak UMKM berbangga dengan produk Indonesia

Baca juga: Normal baru adalah peluang bagi UMKM untuk "go digital"