Gubernur Riau ajak UMKM berbangga dengan produk Indonesia

id Pemrov Riau,umkm,produk indonesia,Umkm riau

Gubernur Riau ajak UMKM berbangga dengan produk Indonesia

Seorang perajin memperlihatkan hasil tenun kain songket Melayu Riau yang dikerjakannya di Purnama Kota Dumai, Dumai, Riau. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengajak seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerahnya untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, seperti yang digaungkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo baru-baru ini.

"Presiden Jokowi telah mencanangkan agar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya pelaku usaha," kata Gubri Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Ajakan tersebut bersamaan dengan digelarnya Bazar Kuliner Online Tahun 2020 di UKM, Jl. Arifin Achmad, sejak beberapa hari terakhir bersamaan dengan masyarakat Riau memasuki tatanan kenormalan baru.

Baca juga: Kiat untuk pertahankan kelangsungan UKM di tengah pandemi

Selain mencintai produk lokal, atau buatan sendiri, gubenur juga meminta pelaku UMKM untuk bersama memasarkan produk lokal Riau apalagi Riau memiliki potensi produk unggulan yang berlimpah.

"Oleh karenanya, pelaku usaha harus memiliki rasa bangga akan produk lokal namun untuk itu juga diperlukan adanya pengembangan usaha ke arah digital, dimana UMKM dapat menjual produknya melalui market place dan itu salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," katanya.

Melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, itu dimaknai bahwa pemerintah ingin mendorong sektor UMKM untuk memperluas jangkauan pasarnya hingga bisa merambah pasar internasional.

Bahkan dengan memanfaatkan teknologi, katanya, justru dapat membawa dampak positif bagi perkembangan UMKM di Riau dan memberikan kontribusi bagi pelaku UMKM untuk bangkit di masa pandemi COVID-19 ini.

Baca juga: 263 ribu UKM Riau terdampak COVID-19 butuh stimulus