Pemkot Pekanbaru relokasi perajin rotan

id pemkot pekanbaru, relokasi perajin rotan

Pemkot Pekanbaru relokasi perajin rotan

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan merelokasi para perajin Rotan Rumbai yang digusur akibat pelebaran jalan.

"Perajin rotan di sepanjang Jalan Yos Sudarso Rumbai Pekanbaru itu merupakan aset penting yang dimiliki Pemkot Pekanbaru dan Pemprov Riau, jadi agar mereka tidak telantar akibat pelebaran jalan, kami akan merelokasi mereka ke tempat seluas empat hektare di Rumbai juga, dan tidak jauh dari tempat mereka sekarang," kata El Syabrina, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Rabu.

Saat ini para perajin rotan di sepanjang Jalan Yos Sudarso Pekanbaru mencapai 30 keluarga.

"Kami memberikan lahan tersebut untuk para perajin rotan, yang akan mendukung acara PON XVIII, dan kami juga akan terus membina mereka," ucapnya.

Ia mengatakan, di tempat yang disediakan oleh Pemkot Pekanbaru tersebut akan dikembangkan menjadi tempat sentra kerajinan rotan Pekanbaru pada 2012 sebagai pendukung PON.

"Di areal sentra kerajinan rotan tersebut, juga kami lengkapi dengan berbagai pasilitas, baik itu pasilitas wokrshop maupun disediakan juga tempat pameran karena prospek kerajinan rotan ini sangat bagus di Pekanbaru, terlebih-lebih lagi saat PON nanti," katanya.

Saat ini para perajin rotan tersebut juga sudah setuju dengan relokasi yang akan dilakukan oleh Pemkot Pekanbaru.

"Mereka tidak menolak untuk direlokasi, mereka juga setuju, dan saat ini kami melakukan penimbunan tempat yang akan dijadikan tempat mereka, dan membangun jembatan untuk menuju ke areal tersebut," ucap El Syabrina.

Kemudian Pemkot Pekanbaru juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Riau untuk mendukung perajin rotan ini dalam menyukseskan PON.

"Pemprov Riau juga berpartisipasi untuk mendukung para perajin rotan ini dalam menyukseskan PON di Riau, jadi yang kami harapkan jangan hanya pihak Pemkot yang memberikan bimbingan namun Pemprov juga perlu turun ke lapangan dan memantau mereka secara langsung," ujar El Syabrina.