Penerapan New Normal, Kadiskes Bengkalis Imbau masyarakat tetap gunakan masker

id Pemkab Bengkalis,new normal,normal baru bengkalis,covid bengkalis,berita riau antara,berita riau terbaru

Penerapan New Normal, Kadiskes Bengkalis Imbau masyarakat tetap gunakan masker

Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra (ANTARA)

Bengkalis (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bengkalis Ersan Saputra mengimbau masyarakat di pesisir Provinsi Riau itu untuk tetap disiplin memakai masker saat keluar rumah dalam penerapan kenormalan baru atauNew Normal yang diberlakukan saat ini.

“Penularan Covid-19 melalui hidung, mulut dan mata lewat droplet (cipratan) cairan dari batuk dan bersin. Selain tetap menjaga jarak ketika berinteraksi, cara pencegahan yang terbaik dengan selalu memakai masker bila bepergian,” pesan Ersan SAputra, Rabu (3/6).

Menurut Ersan, tatanan kehidupan di masa new normal belum sebagaimana normalnya kehidupan sebelum adanya pandemi Covid-19.

Hal itu diingatkannya, karena ada sebagian masyarakat yang memiliki pemahaman bahwa new normal itu sama dengan tatanan kehidupan ketika belum adanya pandemi Covid-19.

“Tidak sama dan jangan disamakan. Pada saat new normal diberlakukan, protocol kesehatan untuk penanganan Covid-19 masih diterapkan. Karena pandemi Covid-19 memang belum berakhir,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan, bila masyarakat cuai dengan berbagai imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan, maka tidak tertutup kemungkinan di Kabupaten Bengkalis akan terjadi second wave atau gelombang kedua pandemi Covid-19.

“Kita tentu tak mengharapkan. Namun bila terjadi second wave sebagaimana di negara lain, maka jumlahnya (kasus positif Covid-19) akan lebih besar dari yang sekarang,” terangnya.

Agar tak terjadi second wave, kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, kata Ersan adalah kuncinya.

“Terutama memakai masker ketika bepergian,sebagai antisipasi terjadinya second wave, khusus di RSUD Bengkalis ada 35 ruang isolasi untuk penanganan Covid-19," ungkapnya.

Baca juga: Kemenperin sebut industri makanan dan minuman siap beroperasi pada situasi normal baru

Baca juga: Hore.. Jam operasional mal di Pekanbaru diperpanjang sampai malam

Baca juga: Sejumlah obyek wisata kembali buka tanpa melapor ke Dispar Riau, begini penjelasannya
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar