17.000 kendaraan melintas selama Lebaran di Tol Pekanbaru-Dumai meski ada larangan Mudik

id tol pekanbaru dumai,jalan tol trans sumatera,Hutama Karya,tol permai,berita riau antara,berita riau terbaru

17.000 kendaraan melintas selama Lebaran di Tol Pekanbaru-Dumai meski ada larangan Mudik

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Pekanbaru Dumai Seksi I, di Pekanbaru, Riau, Selasa (19/5/2020). PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera menyatakan Seksi I Tol Pekanbaru Dumai dibuka secara fungsional mulai Senin (18/5/2020) hingga H+7 Lebaran dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/hp.

Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menyatakan Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Provinsi Riau kembali ditutup, setelah dibuka secara fungsional untuk Idul Fitri 1441 Hijriah, dan tercatat lebih dari 17 ribu kendaraan yang telah melintasi di Tol Trans Sumatera tersebut.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK), Muhammad Fauzan dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Rabu, mengatakan ruas tol Pekanbaru – Dumai Seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer dari Pekanbaru menuju Minas dibuka secara fungsional selama dua minggu. Total sebanyak 17.663 kendaraan telah melintas di ruas tol tersebut.

Ruas tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Seksi 1 dibuka secara fungsional sejak 18 Mei hingga 1 Juni 2020. Meskipun HK mendukung arahan pemerintah untuk tidak mudik pada periode lebaran 2020 ini, namun pihaknya tetap melakukan berbagai persiapan agar dapat memberikan pelayanan optimal bagi kendaraan yang masih diizinkan untuk melintas di seluruh ruas tol yang dikelolanya. Hanya kendaraan yang memenuhi kreteria yang boleh melintas.

Seperti pada 31 Mei tercatat sudah ada 45 kendaraan yang harus diputarbalikan dan dilarang melintas di tol Permai sesuai sanksi yang berlaku.

“Tol Permai telah kami tutup kembali hingga nanti ada arahan lebih lanjut dari regulator untuk dioperasionalkan dan segera diresmikan,” katanya.

Sementara itu, Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol HK, J. Aries Dewantoro mengatakan jumlah volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) H-7 hingga H+7 Lebaran mengalami penurunan hingga 42,62 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

“Tahun lalu pada periode yang sama, total kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 1,2 jutaan kendaraan. Jumlah tersebut masih dalam kondisi tol Terpeka fungsional dan tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 belum difungsionalkan. Sedangkan tahun ini hanya 600 ribuan kendaraan saja,” katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa penurunan tersebut tak terlepas dari dampak pandemi COVID-19 dan arahan pemerintah untuk tidak mudik.

“Kalau tahun lalu ada arus mudik dan arus balik, sedangkan tahun ini tidak ada karena kondisinya berbeda. Penurunan volume kendaraan tidak hanya dialami oleh Hutama Karya saja, tetapi hampir semua BUJT juga mengalami hal yang sama,” ujar Aries.

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, ia mengatakan HK tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol COVID-19 di ruas tolnya.

Hingga saat ini, HK telah menghentikan sementara fasilitas top-up tunai, serta melakukan pembagian masker, hand sanitizer dan tongkat tol secara gratis di sejumlah ruas tol. Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengendara untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku, membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, menggunakan masker apabila keluar rumah, serta untuk sementara tidak melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Jumlah kendaraan lintasi Seksi 1 Tol Pekanbaru-Dumai turun drastis, begini penjelasannya

Baca juga: Tol Pekanbaru-Dumai dibuka fungsional mulai 18 Mei sampai H+7 Lebaran

Baca juga: Penggunaan Tol Pekanbaru-Dumai untuk Lebaran tergantung regulator. Begini penjelasan HK