PDAM Padang Tambah Sumber Air Bersih

id pdam padang, tambah sumber, air bersih

Padang, (ANTARAriau News) - Perusahaan Daerah Air Minum Kota Padang, Sumatera Barat, akan menambah lokasi sumber air bersih baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setampat.

Direktur Teknik PDAM Padang, Edwar di Padang, Kamis (15/9), membenarkan rencana penambahan lokasi baru untuk pengambilan sumber air bersih di kota itu.

"Saat ini kebutuhan air bagi masyarakat dapat dipenuhi dengan sumber air yang ada sekarang, namun kami akan menambah satu lagi lokasi pengambilan air untuk mengantisipasi kebutuhan pada masa yang akan datang," kata Edwar.

Dia menjelaskan, lokasi baru yang akan dijadikan sumber air bersih yang diolah oleh PDAM Kota Padang terdapat di kawasan aliran sungai Lubuk Paraku, Kecamatan Koto Tangah.

Untuk saat ini sumber air bersih PDAM diambil dari empat sungai yaitu Batang Kuranji, Olo Gadut, Olo Ladang, dan Lubuk Minturun.

Penambahan lokasi pengambilan sumber air itu, menurut dia, juga akan dibicarakan dengan Bapedalda Kota Padang agar tidak ada pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat.

Air dari Sungai Lubuk Paraku direncanakan juga akan diproses menjadi air siap minum bagi masyarakat Kota Padang.

"Rencana ini untuk mengantisipasi krisis air bersih di kota ini dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, karena diprediksi pada saat itu akan terjadi krisis air, seperti yang terjadi di daerah lain saat ini. Karena itu, mulai sekarang sudah kami pikirkan," jelasnya.

Edwar menambahkan, rencana ini masih sebatas pembicaraan, dan untuk pembangunan serta pengambilan air di daerah itu, masih butuh proses yang panjang dan kajian dari berbagai pihak sehingga anggaran belum bisa disebutkan.

Saat ini Sungai Lubuk Paraku selain dimanfaatkan masyarakat sekitar juga dimanfaatkan oleh PT Semen Padang untuk operasional pabrik itu. Total debit air yang diambil adalah 500 liter setiap detik. (**)