Pengamat nilai penyebaran COVID-19 dapat ganggu kinerja sektor jasa

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,corona

Pengamat nilai penyebaran COVID-19 dapat ganggu kinerja sektor jasa

Ilustrasi penanganan pasien pengidap virus corona. (ANTARA/Destyan Sujarwoko)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengamat ekonomi dari Universitas Andalas Elfindri mengatakan penyebaran COVID-19 dapat mengganggu kinerja beberapa sektor jasa seperti perdagangan, pengangkutan, hotel dan rumah makan di tanah air.

"Dampaknya sudah dipastikan dalam tahun 2020 akan segera terjadi peningkatan kemiskinan dan pengangguran," kata Elfindri dihubungi dari Pekanbaru, Rabu.

Menurut Elfindri, fokus pemerintah saat ini seharusnya pemulihan kesehatan karena persoalan tidak hanya menyangkut COVID-19, namun juga masalah gizi dan demam berdarah.

Meski demikian, agar kegiatan ekonomi tidak terdampak terlalu dalam maka pemerintah juga perlu menyiapkan paket kebijakan untuk mendorong program kerja yang dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Arah kebijakan perlu penyesuaian yang berkaitan dengan pemulihan kesehatan, namun juga menjamin pendidikan, mengatasi dampak krisis terhadap kemiskinan dan pengangguran," katanya.

Dalam kesempatan ini, ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 hanya berada dalam kisaran 3,8 persen seiring dengan perlambatan yang terjadi di China.

Salah satu alasannya adalah wilayah DKI Jakarta yang menjadi daerah penyumbang utama perekonomian nasional terdampak oleh COVID-19.

(T.F011/B/S034/S034)