Disbud: Tari Zapin Api Riau Terancam Punah

id disbud tari, zapin api, riau terancam punah

Pekanbaru, 8/7 (ANTARA) - Tradisi Tari Zapin Api dari Provinsi Riau, terancam punah karena tak terdokumentasi dengan baik, kata Kabid Nilai Budaya Bahasa dan Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbud) Riau Yose Rizal Zein,.

"Tari Zapi Api tak bisa dimainkan lagi karena ada mantera yang hilang," katanya kepada ANTARA di Pekanbaru, Jumat.

Zapin merupakan hasanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Menurut Yose, Zapin Api berkembang di tengah masyarakat Melayu pesisir khususnya di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Tradisi itu memiliki keunikan karena menggunakan media api dalam tarian dan ada pembacaan mantra. Mantra tersebut merupakan sastra lisan yang diturunkan turun-temurun.

"Sayangnya proses penurunan tradisi itu tak sempurna, dan satu-satunya orang tua yang mengetahuinya sudah meninggal dunia," ujarnya.

Ia mengatakan generasi muda di Pulau Rupat kini tak berani lagi memainkan Zapin Api akibat dua mantra yang hilang itu.

"Ini adalah kerugian bagi Indonesia kehilangan khasanah budaya," ujarnya.

Menurut dia, banyak lagi kebudayaan asli di Riau yang terancam punah dan memerlukan perhatian semua pihak untuk melakukan pendokumentasian yang lengkap. Ia mengatakan Kementerian Pariwisata juga berniat untuk mendokumentasikan budaya suku asli di pedalaman dan membuat hak patennya.

"Pemerintah berusaha untuk mematenkan tradisi suku pedalaman sekaligus membantu untuk melestarikannya," katanya.*