KPU Tetapkan Wali Kota Pekanbaru Terpilih Besok

id kpu tetapkan, wali kota, pekanbaru terpilih besok

Pekanbaru, 23/5 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menyatakan bakal menetapkan pasangan wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru periode 2011-2016 terpilih, Selasa (24/5).

"Sesuai jadwal pilkada, maka besok digelar pleno dengan agenda rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan wali kota terpilih di tingkat KPU," kata Ketua KPU Kota Pekanbaru, Yusri Munaf, disela-sela melakukan gladi bersih, di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, acara yang berlangsung di Hotel Ibis, Pekanbaru itu akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB yang bakal dihadiri kedua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru yakni Firdaus-Ayat Cahyadi, dan Septina Primawati Rusli-Erizal Muluk.

Selain kedua pasangan calon, KPU Kota Pekanbaru juga mengundang tim pemenangan masing-masing pasangan calon sebanyak lima orang, kemudian partai politik (parpol) pendukung sebanyak 11 parpol yang terdiri ketua dan sekretaris, KPU Provinsi Riau, dan KPU kabupaten/kota se-Riau.

Kemudian ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Pekanbaru sebanyak 60 orang, ketua Panitia Pemungutan Suara se-Kota Pekanbaru yang berjumlah 58 orang, serta pembuka masyarakat dan kalangan pers.

Yusri juga mengatakan, sebelum penetapan wali kota terpilih dilakukan, terlebih dahulu pihaknya melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara di 12 kecamatan yang ada di Pekanbaru dan dibacakan masing-masing ketua PPK.

"Besok yang dibacakan itu hanya hasilnya saja, tidak ada penghitungan ulang atau pun membahas pelanggaran, sebab pelanggaran itu menjadi tugas panitia pengawas (panwas)," jelasnya.

Ia tidak ingin memberikan tanggapan terkait dengan dugaan pelanggaran yang mengarah kepada KPU Kota Pekanbaru dan telah dilaporkan tim pemenangan pasangan nomor 2 Septina Primawati-Erizal Muluk ke Panwaslu Kota Pekanbaru.

"Saya tidak melihat apa yang dipermasalahkan itu, tapi saya tidak mau berkomentar dahulu dan biarkan tahapan Pilkada Kota Pekanbaru 2011 berjalan sesuai jadwal," kata Yusri Munaf.

Tim pemenangan pasangan nomor 2 atau yang juga dikenal dengan istilah Bersama Septina dan Eri (Berseri) memastikan diri untuk hadir dalam rapat pleno yang digelar KPU Kota Pekanbaru itu.

"Kalu tim tetap hadir, tetapi pasangan calon yang kami dukung belum dapat dipastikan menghadiri rapat pleno itu," kata Ketua Tim Pemenangan Koalisi Berseri, Muhamadun Royan.