Pertamina Dumai Tanam 450 Pohon Ketapang Kencana Untuk Penghijauan

id Pertamina dumai, penghijauan dumai, tanam pohon, DLH dumai,berita riaun antara,berita riau terbaru

Dumai (ANTARA) - Sebagai kelanjutan dari pelaksanaan Dumai 10K Energy Run Pertamina pada Desember 2019 lalu, hasil donasi dari pendaftaran peserta berupa 450 batang pohon Ketapang Kencana mulai ditanam pada Rabu (22/1) di Jalan Dermaga Darat Kecamatan Dumai Barat.

Koordinator Pelaksana Energy Run 2019, Sahkundiyardi Dumai, Rabu, menjelaskan Energy Run merupakan kompetisi olahraga yang menjadi salah satu rangkaian dari peringatan hari ulang tahun Pertamina.

“Selain kampanye gaya hidup sehat, juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan wujud nyata donasi dari setiap pendaftaran peserta,” jelas Sahkun.

Donasi terkumpul di Tahun 2019 sebanyak Rp74,360 juta dari keikutsertaan 700 peserta yang berasal dari Dumai ataupun Riau Kepri, Aceh, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, hingga Yogyakarta.

“Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah menyukseskan iven ini, dan para Runners yang sudah bersedia ikut berdonasi hingga kegiatan penanaman," sebutnya.

Sementara, Pjs General Manager Pertamina RU II Iman Syafirman mendukung penuh kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas pekerja pecinta olahraga lari atau Pertamina Runners.

"Pelaksanaan kali kedua ini ada peningkatan yang cukup signifikan dari sebelumnya, hal itu terlihat dari banyaknya jumlah donasi yang terkumpul,” kata Iman.

Pada Tahun 2018, terkumpul donasi sebesar Rp20,250 juta dan diserahkan kepada Sekolah Alam Umah Pumpun yang berlokasi di Kawasan Wisata Bandar Bakau.

"Itu artinya ada peningkatan dari segi kualitas iven dan partisipasi masyarakat dari tahun ke tahun," sebutnya.

Iman menuturkan masih banyak potensi yang bisa dikembangkan dari iven lari seperti ini, salah satunya adalah potensi wisata.

“Kedepan kami akan mencoba kembangkan lagi dengan penambahan spot-spot lari yang melibatkan tempat-tempat wisata untuk mengenalkan pariwisata di Kota Dumai melalui olahraga lari,” tambahnya.

Pihaknya juga akan mengandeng pemerintah daerah untuk menentukan program yang tepat dari hasil donasi yang terkumpul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Satrio Wibowo menyambut baik inisiasi dari program yang dijalankan Pertamina.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pihak Pertamina yang terus menjalankan program kepedulian di bidang lingkungan untuk membantu program penghijauan," kata Satrio.

Dijelaskan, penentuan jenis pohon dan lokasi penanaman disesuaikan dengan rencana program penghijauan yang telah dimiliki DLH Dumai.

"Pohon Ketapang dan Kencana merupakan jenis tanaman yang berfungsi baik untuk menyerap polusi dan menciptakan suasana teduh, untuk itu sangat pas ditanami di sekitar jalan ini mengingat masih sangat gersang," ujarnya.

Sebelumnya Pertamina RU II telah menanam 500 batang pohon Ketapang Kencana di Jalan Dumai-Pelintung, dan diharap bisa diikuti oleh perusahaan lain.

Baca juga: Pertamina lepas perdana ke permukaan air laut Kapal FSRU Jawa-1

Baca juga: Pemakaian Dexlite naik 67 persen di Riau selama libur Natal dan Tahun Baru