Pertamina lepas perdana ke permukaan air laut Kapal FSRU Jawa-1

id Berita hari ini, berita riau terkini,berita riau antara,pertamina

Pertamina lepas perdana ke permukaan air laut Kapal FSRU Jawa-1

Ilustrasi: Pasokan Gas FSRU Jawa Barat Kapal Floating Storage & Regasification Unit (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA) - Pertamina melepas perdana Kapal FSRU (Floating Storage & Regasification Unit) Jawa-1 ke permukaan air laut, yang menandai proses konstruksi kapal FSRU tersebut telah mencapai 62,5 persen.

Perayaan pelepasan Kapal FSRU Jawa-1 ini dilaksanakan di Galangan Kapal Samsung Heavy Industries (SHI) di Geoje-si, dekat Busan, Korea Selatan, pada Sabtu, 11 Januari 2020.

Baca juga: Pemakaian Dexlite naik 67 persen di Riau selama libur Natal dan Tahun Baru

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, menyatakan Pertamina menyambut positif pencapaian konstruksi proyek dan mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi pada proses pembangunan Proyek Jawa-1.

Dicapainya tahapan yang sesuai dengan yang ditargetkan dalam jadwal proyek pembangunan kapal FSRU ini, menunjukan kerja sama yang baik di antara Sponsors Proyek Kapal Jawa-1 dan juga dengan pihak Kontraktor Pembangunan Kapal – Samsung Heavy Industries (SHI). Diharapkan pada November 2020, dapat dilakukan penamaan pada Kapal FSRU Jawa-1 ini.

“Pelepasan ini merupakan tahapan penting bagi penyelesaian keseluruhan scope Proyek Jawa-1. Kami berharap kesuksesan capaian dapat berkelanjutan agar keseluruhan proyek selesai sesuai target," katanya.

Dengan capaian ini, lanjut Dharmawan, Pertamina berharap SHI dapat menyelesaikan pembangunan Kapal FSRU Jawa-1 dengan tepat waktu, tepat kualitas, tepat anggaran dan sesuai persyaratan.

Menurutnya, kapal FSRU ini akan menjadi fasilitas pendukung utama PLTGU Jawa-1. Pembangunan kapal FSRU direncanakan selesai pada November 2020 dan akan memasuki perairan Indonesia pada pertengahan Januari 2021.

Selanjutnya, komisioning regasifikasi kapal FSRU ditargetkan pada Maret 2021. FSRU akan meregasifikasi LNG, yang berasal dari BP Tangguh, Papua, untuk kemudian gas yang dihasilkan dipasok ke pembangkit PLTGU Jawa-1.

Sementara, target operasi komersial (commercial operation date/COD) PLTGU adalah pada Desember 2021 sesuai kontrak Power Purchase Agreement (PPA) dengan PT PLN (Persero).

FSRU Jawa-1 akan ditambatkan di lepas pantai Cilamaya, Provinsi Jawa Barat, sekitar 21 km dari lokasi PLTGU atau 14 km dari tepi pantai.

"Kapal akan berada di lepas pantai Cilamaya selama 20 tahun operasi secara terus menerus," ujar Dharmawan.

PLTGU Jawa-1 berkapasitas 1.760 MW termasuk proyek strategis nasional, yang akan berkontribusi besar pada pemenuhan kebutuhan listrik di Indonesia, yang terus tumbuh.

"PLTGU yang merupakan bagian program Pemerintah dalam pembangunan pembangkit listrik berdaya 35.000 MW ini akan memenuhi permintaan listrik, yang terus meningkat seiring pertumbuhan kebutuhan masyarakat dan industri di Tanah Air," ujar Dharmawan.

Selain FSRU dan PLTGU, proyek juga mencakup pembangunan 118 menara transmisi listrik berkapasitas 500 KV sepanjang 52 km dan fasilitas di laut dan jaringan pipa untuk bongkar dan muat LNG dari FSRU ke pembangkit.

Baca juga: Pertamina terapkan FAME B30 di Riau tahun 2020

Baca juga: SKK Migas pastikan kesiapan lifting akhir tahun di terminal Dumai


Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan