5000-an visa jamaah haji Riau bisa diproses di Kanwil Kemenag

id Kanwil Kemenag Riau,proses visa,jamaah,calon haji,haji riau

5000-an visa jamaah haji Riau bisa diproses di Kanwil Kemenag

Plt Gubri H Wan Thamrin Hasyim bersama Kakanwil Kemenag Riau H Ahmad Supardi Hasibuan didampingi beberapa pejabat Pemprov Riau meninjau asrama haji sementara di Rusunawa Pekerja, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Rabu (2/5/2018). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemrov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak lima ribuan visa bagi jamaah calon haji (calhaj) pada tahun 2020 sudah bisa diproses di kantor Kanwil Kemenag Riau, sebagai bentuk kemudahan pelayanan bagi masyarakat yang ingin menunaikan rukun Islam kelima tahun 1441 Hijriah nanti.

"Proses visauntuk persiapan ibadah haji tahun 1441 H dilimpahkan ke kanwil masing-masing sehingga para staf bagian dokumen, serta operatorSistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) perlu lebih memperdalam proses 'upload' secara 'online'," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Riau H Erizon Efendidi Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, untuk pengurusan visa itu, maka paspor jamaah calhaj tidak perlu lagi dibawa ke Direktorat JenderalPHUKementerian Agama diJakarta, dan terobosan ini diterapkan untuk memangkas birokrasi sekaligus mempercepat proses jamaah haji.

Sebab, katanya, selama ini sering terhambat karena harus meng-"input" visa tersebut, sementara paspor belum datang dari kanwil dan jika dilakukan di kanwil, maka akan lebih cepat.

Ditjen PHU Kemenag memberikan pelatihan tentang aplikasi penyelesaian dokumen dan proses visajamaah haji di Kemenag Riau dengan menugaskan langsung personelnya Ali Salama Mahasna ke Kanwil Kemenag Riau.

Ali sebagai penyusun perlengkapan haji mengatakan, pelatihan aplikasi penyelesaian dokumen dan visa calhaj haji 2020 perlu dilakukan terhadap seluruh staf dokumen pendaftaran serta operator Siskohat.

"Sejumlah langkah yang harus dilakukan petugas pada pemvisaan tersebut di antaranya "scanning" lembar paspor dengan mesin scan MRTD, scan lembar pelunasan, scan lembar vaksin meningintis, scan dokumen lainnya serta scan foto jamaah haji," katanya.

Ia mengatakan, setelah 6 item tersebut selesai dimasukkanke dalam siskohat kanwil, maka Kemenag pusat akan melakukan pengecekan.

"Apabila dinyatakan valid maka, Kemenag pusat akan meneruskan data tersebut ke Kedubes RI agar visa jamaah segera diterbitkan," katanya.

Pelimpahan penyelesaian visa dari pusat ke Kanwil Kemenag Provinsi bertujuan agar tidak ada lagi proses pengantaran paspor ke Jakarta. Selain itu proses visapada tingkat kanwil merupakan proses bentuk visa berbasis elektronik, demikianErizon Efendi.

Baca juga: Seorang haji Pekanbaru yang dirawat di Arab wafat

Baca juga: Haji - Sembilan jemaah haji Riau meninggal di Tanah Suci