Tiga hakim asal Riau jadi hakim MTQ Nasional ke-30 Kaltim

id Kanwil Kemenag Riau

Tiga hakim asal Riau jadi hakim MTQ Nasional ke-30 Kaltim

Hakim terbaik mendapat amanah untuk bertugas pada MTQ Nasional 2024 di Samarinda Kaltim, yakni H. Zamri, S.Pd.I, M.Sy sebagai Hakim cabang Tilawah, DR(HC). H. Nurul Kamal, M.Ag sebagai hakim Tahfizh dan Drs. H. Syafrudin.MA sebagai hakim Kaligrafi. (ANTARA/HO-Kemenag Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak tiga orang asal Provinsi Riau terpilih menjadi hakim Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) Nasional ke-30 tahun 2024 pada 8 September 2024 yang digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur dan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Alhamdulillah, Provinsi Riau mendapat berkah. Tiga orang hakim terbaik mendapat amanah untuk bertugas pada MTQ Nasional 2024 di Samarinda Kaltim, yakni H. ZamriM.Sy sebagai Hakim cabang Tilawah, Dr (HC) Nurul KamalM.Ag sebagai Hakim cabangTahfizh dan DrsSyafrudin MA sebagai Hakim Kaligrafi," kata Wakil Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau, Zamri di Pekanbaru, Sabtu.

Zamriberharap semoga hakim yang ditunjuk tersebut dapat bekerja dan memberi penilaian terbaik untuk para peserta pada cabang perlombaan masing- masing serta berlaku adil sehingga tidak ada unsur kecurangan atau dugaan nepotisme pada saat penilaian.

Kata Zamri lagi, pada MTQ tahun mendatang diharapkan akan menyusul hakim-hakim terbaik asal Riau yang lain juga bisa mendapatkan tugas di MTQ/STQ Nasional.

Berdasarkan data Pemprov Kaltim, pembukaan MTQ ke-30 rencananya akan dilaksanakan pada 8 September 2024 di dua lokasi secara bersamaan yakni di Kota Samarinda (Kaltim) dan di IKN. Acara pembukaan tersebut akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di IKN.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menyebutkan bahwa MTQ ke-30 ini sangat istimewa karena pertama kali digelar di IKN dan dibuka secara hybrid di dua lokasi. Ini akan menjadi saksi sejarah sebagai festival keagamaan pertama yang diselenggarakan di IKN.

Ia menyebutkan pelaksanaan lomba-lomba sesuai rencana akan dipusatkan di Kota Samarinda. Seluruh rangkaian MTQ Nasional akan berlangsung selama 10 hari yakni pada 6-16 September 2024 dengan diikuti 6.000 partisipan.

"Sebanyak 15 artis bakal meramaikan acara ini. Sesuai jadwal pelaksanaan MTQ ke-30 direncanakan akan dibuka Presiden RI pada 8 September 2024," katanya.