31 ribu benih ikan baung ditebar di Danau Naga Sakti Siak

id ikan baung, danau naga sakti, berita siak

31 ribu benih ikan baung ditebar di Danau Naga Sakti Siak

Camat Pusako berserta Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau dan Siak menebar benih Ikan Baung.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau (ANTARA) - Sebanyak 31 Ribu benih Ikan Baung ditabur di Danau Naga Sakti, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, untuk menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan wilayah air yang ada.

Camat PusakoAndi Putra di Siak, Kamis mengatakan bibit ikan tersebut merupakan bantuan Gubernur Riau melalui Dinas Perikanan dan Kelautan. Penaburan bibit sudah dilakukan secara simbolis bersama Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Siak dan unsur pimpinan Kecamatan Pusako.

''Alhamdulillah, kita telah mendapat bantuan bibit ikan dari DPK Riau, benih ikan tersebut sudah ditabur di Danau Naga Sakti. Atas nama Pemerintah Kecamatan Pusako Kami mengucapkan terimakasih," kata Andi.

Lebih lanjut dia berharap kepada masyarakat Pusako agar bersama-sama menjaga benih ikan yang sudah ditaburkan ke dalam danau. Dia meminta agar ikan tidak diambil dalam waktu dekat dan menunggu agar siap dipanen.

''Saya minta pihak kecamatan dan aparat desa, serta masyarakat bersama sama kita menjaga benih ikan yang sudah ditabur. Kami berharap tunggu enam bulan ke depan baru boleh masyarakat mengambil ikan tersebut," tutur Andi.

Selanjutnya berharap, tahun depan Pemprov Riau juga dapat memberikan bantuan bibit Ikan Tapah untuk di Danau Naga Sakti. Pasalnya ikan itu termasuk yang digemari masyarakat Kabupaten Siak serta bernilai ekonomis.

Selain itu juga dengan penaburan bibit Ikan Sepengkah di Sungai Siak, karena isudah mulai langka. Tentunya juga untuk mendatangkan pendapatan bagi warga.

Danau Naga Sakti yang berada di Kampung Disan saat ini merupakan taman ekowisata di Kabupaten Siak. Danau Rawa Gambut ini diberi nama Naga karena menurut cerita masyarakat ada makhluk tersebut yang datang sekali setahun.

Baca juga: DPRD Siak bentuk Pansus 10 ranperda

Baca juga: Soal ahli waris dan wasiat Istana Siak, ini kata bupati


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar