APP Group dan BRIN tebar ikan baung di Sungai Payongek

id Arara abadi, sinar mas, BRIN, sungai payongek,App

APP Group dan BRIN tebar ikan baung di Sungai Payongek

Perwakilan PT Arara Abadi dan BRIN saat melepasliarkan benih ikan baung di Sungai Payongek, Kabupaten Bengkalis. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Unit usaha APP Group, PT Arara Abadi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Bathin Sakai 8 & 5 Sungai Jeneh melakukan pelepasliaran (restocking) ikan Baung di Sungai Payongek, Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Rabu.

Program ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan Pusat Zoologi Terapan BRIN yang ditandatangani akhir September 2023 dengan fokus pada konservasi dan pemulihan ekosistem perairan darat.

Pelepasliaran ini diharapkan dapat meningkatkan populasi ikan lokal dan mendukung keberlanjutan ekosistem, sekaligus memberikan manfaat ekonomi jangka panjang bagi masyarakat Bathin Sakai 8 & 5 Sungai Jeneh.

Kegiatan ini sejalan dengan upaya Program Desa Makmur Peduli Alam (DMPA) untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan berbasis lingkungan.

“Kami harapkan kerjasama ini dapat berdampak nyata dalam mengembangkan solusi berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat dan menjaga kelestarian ekosistem perairan. Pelepasliaran ikan Baung ini adalah bagian penting dari upaya kami untuk menciptakan keseimbangan antara ekonomi dan lingkungan,” ungkap Corporate Social & Community Engagement Head APP Group Agung Wiyono dalam pernyataannya, Rabu.

Sementara, Peneliti Bidang Konservasi Plasma Nutfah Pusat Riset Zoologi Terapan BRIN Otong Zenal Arifin menambahkan pelepasliaran ini merupakan langkah nyata dalam upaya konservasi spesies perairan lokal, khususnya ikan baung yang memiliki nilai ekologis dan ekonomi tinggi.

Dalam hal ini, menurutnya, PT Arara Abadi memainkan peran penting sebagai pelaksana di lapangan. Melalui program ini, kami berupaya melibatkan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan sumber daya alam yang ada di wilayah mereka.

Kegiatan pelepasliaran ikan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat dari Bathin Sakai, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya, untuk memastikan program berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang optimal.

Dengan adanya restocking ini, diharapkan ekosistem perairan di Sungai Payongek dapat kembali seimbang dan mendukung kehidupan masyarakat yang bergantung pada sumber daya alam tersebut.

Sementara Ketua Bathin Solapan, M Nasir sangat berterimakasih dan menyambut baik inisiatif PT Arara Abadi dan BRIN dalam kegiatan pelepasliaran ikan Baung ini.

PT Arara Abadi adalah merupakan sahabat kami para Bathin Sakai. Program ini tidak hanya membantu memulihkan populasi ikan lokal, tetapi juga memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat kami. Kami berharap kerjasama seperti ini terus berlanjut demi kesejahteraan dan kelestarian lingkungan di wilayah kami". Demikian M. Nasir mengatakan.

Sebelumnya, kegiatan pelepasliaran ikan juga telah dilakukan di Desa Kesumbo Ampai pada bulan Juni 2024, sebagai bagian dari program yang sama, yang bertujuan untuk memperbaiki populasi ikan lokal serta meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.