PGN resmikan pengaliran perdana gas rumah tangga di Dumai

id pgn dumai,jaringan gas dumai

PGN resmikan pengaliran perdana gas rumah tangga di Dumai

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan instalasi pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di kota Dumai, Dumai, Riau. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Perusahaan Gas Negara resmi mengalirkangas rumah tangga di Kota Dumai kepada 4.743 pelanggan, dengan tahap awal sekitar 600 pelanggan sambungan rumah sudah bisa menikmati gas bumi yang diklaim aman dan hemat untuk kebutuhan di rumah.

Pengaliran perdana gas rumah tangga di Kota Dumai diresmikan langsung Direkrut Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Alimuddin Baso didampingi SVP Strategic Stakeholder PT PGN Tbk Santiaji Gunawan dan Wali Kota Dumai Zulkifli As di Halaman Kantor Camat Dumai Timur, Rabu.

Santiaji Gunawan mengatakan jaringan gas Dumai akan melayani 4.743 sambungan rumah di dua kelurahan Kecamatan Dumai Timur, yaitu 1.283 di Kelurahan Teluk Binjai dan 3.460 rumah di Kelurahan Jaya Mukti, dengan jenis pelanggan kategori RT 2 atau masyarakat dengan konsumsi listrik 1300 watt.

PGN, lanjutnya, terus berkomitmen untuk melaksanakan mandat dari Kementerian ESDM untuk membangun jaringan gas rumah tangga, dan menjelang akhir Tahun 2019 ini ditargetkan siap beroperasi guna melayani kebutuhan energi masyarakat.

Jargas Dumai ini dibangun sejak Mei 2019 oleh Kontraktor PT Hutama Karya (Persero) dan memanfaatkan sumber gas yang berasal dari PT Energi Mega Persada (EMP) Bentu Ltd.

"Diharap melalui pemanfaatan gas bumi ini pelanggan rumah tangga dapat nilai lebih dalam penghematan dan meningkatkan taraf hidup perekonomian secara baik," kata Santiaji.

Dijelaskan, total panjang pipa jargas dibangun di Dumai mencapai sekitar 89 kilometer, meliputi 79 km pipa PE 63 mm, ditambah 1,6 km pipa PE 180 mm, dan pipa CS 4 Inchi sepanjang 112 meter.

Ke depan diharap juga pembangunan jargas di Dumai akan lebih menyeluruh atau masif karena gas bumi merupakan energi baik yang aman efisien untuk penggunaan sehari-hari sehingga rumah tangga mendapatkan manfaat langsung.

Pembangunan jargas salah satu bentuk upaya sinergi Pemerintah dalam meningkatkan dan menciptakan kedaulatan energi nasional, dan pada Tahun 2020 ditargetkan membangun sebanyak 293.533 SR di 54 kabupaten kota, termasuk Dumai. Ditarget untuk memenuhi kebutuhan energi di wilayah Dumai, dan akan menyasar sektor komersial, rumah tangga, dan industri.

Baca juga: PGN bangun 4.000 jaringan gas rumah tangga di Siak

Baca juga: Pemkot Dumai - Kementerian ESDM sepakati 4.810 jaringan gas gratis


Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli AS mengapresiasi Pemerintah Pusat mengalirkan energi gas untuk rumah tangga tanpa dipungut pembayaran, dan tentu nya akan bermanfaat sekali dalam mendukung aktivitas sehari hari masyarakat di rumah tangga.

"Kita sangat berterimakasih kepada pemerintah karena masyarakat Dumai bisa menikmati jaringan gas rumah tangga dan kedepan diharap masih ada anggaran untuk menjangkau seluruh kelurahan yang belum dialiri jaringan gas," kata walikota.

Pengaliran gas pertama secara simbolis ditandai dengan pemotongan pita dan penyalaan kompor oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, Group Head SSM PT PGN Tbk Santiaji Gunawan dan Ketua Komisi I DPRD Dumai Haslinar serta perwakilan SKK Migas Husaini.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar