Kabut Asap Dumai Menipis Setelah Gerimis

id kabut asap, dumai menipis, setelah gerimis

Dumai, 23/2 (ANTARA) - Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai, Riau, saat ini terus menipis setelah hujan gerimis yang turun merata di sejumlah wilayah kota pantai pesisir itu pada Selasa (22/2) malam.

Kepala Bidang Kehutanan di Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kota Dumai, Hadiono kepada ANTARA di Dumai, Rabu mengatakan, kendati kabut asap menipis, namun titik panas atau kebakaran lahan masih saja berlangsung di dua kecamatan Kota Dumai meliputi Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Medang Kampai.

"Jika hujan terus turun dalam beberapa hari ini, kita prediksi sejumlah titik api yang berada di lahan bekas Hutan Tanaman Industri (HTI) Kelurahan Lubuk Gaung dan Basilam Baru, Kecamatan Sungai sembilan serta lahan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, akan segera padam," kata dia.

Kendati hujan mulai mengguyur, menurut dia, antisipasi atau penyelamatan lahan masih akan terus digelar pihaknya bersama dengan Manggala Agni dan Kantor Lingkungan Hidup dibantu dengan masyarakat sekitar yang tergabung dalam kelompok peduli api.

"Dengan alat penyelamatan yang minim, kita terus berusaha agar api tidak merambat dan menghanguskan lahan HTI dan KPT di Dumai lebih banyak lagi," katanya.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai, Basri, menjelaskan, dengan menipisnya kabut asap pada Rabu pagi, secara otomatis juga membuat kadar udara semakin membaik.

"Kondisi ini tentu yang kita harapkan agar aktifitas luar rumah atau gedung dapat kembali normal. Namun kita tetap mengimbau ke sejumlah lapisan masyarakat agar waspada api, jangan sampai terjadi kebakaran atau justru pembakaran yang disengaja untuk kepentingan pribadi atau kelompok," ujarnya.

Berdasarkan pantauan alat pengukur kualitas udara atau Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) milik PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) pukul 07.00 WIB masih berada pada 40-50 PSI (polutan standart index) yang artinya sedang.

Kualitas udara Rabu ini jauh lebih baik dibandingkan hari sebelumnya yang terpantau berada pada 70 hingga 90 PSI.