AS mulai bangun pangkalan militer baru di daerah penghasil minyak di Suriah

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, AS mulai bangun

AS mulai bangun pangkalan militer baru di daerah penghasil minyak di Suriah

Amerika Serikat akan meninggalkan "kelompok kecil penjaga perdamaian" yang terdiri atas 200 pasukan Amerika di Suriah selama jangka waktu tertentu pascapenarikan pasukan AS (veteranstoday.com)

Deir Ezzor, Suriah (ANTARA) - Amerika Serikat telah memulai pembangunan pangkalan militer baru di Gubernuran Deir Ez-Zor, yang kaya akan minyak di Suriah.

Pangkalan militer tersebut sedang dibuat di Daerah Brigade ke-113 dan di dekat Wilayah As-Sur, kata beberapa sumber lokal.

Baca juga: FBI Tangkap Seorang Tentara Amerika Atas Tuduhan Bergabung Dengan ISIS

Meskipun gambar yang diambil oleh wartawan Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa, memperlihatkan banyak peralatan pembangunan dioperasikan, AS diketahui telah mengirim 250 sampai 300 prajurit tambahan, kendaraan lapis baja, senjata berat dan amunisi ke wilayah tersebut.

Setelah jeda dalam operasi anti-teror Turki di Suriah Utara, tentara AS pada Jumat (1/11) melanjutkan patroli militer di sekitar ladang minyak di bagian utara Suriah.

Turki pada 9 Oktober melancarkan Operasi Perdamaian Musim Semi untuk menghapuskan anggota YPG/PKK dari Suriah Utara di sisi timur Sungai Eufrat guna mengamankan perbatasan Turki, membantu kepulangan aman pengungsi Suriah, dan menjamin keutuhan wilayah Suriah.

Pada 22 Oktober, Turki mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk memaksa anggota YPG/PKK mundur dari zona bebas-teror yang direncanakan dengan membawa senjata mereka.

Baca juga: Aksi Terjun Payung Bersama Paskhas TNI AU dan Tentara Amerika

Baca juga: Tentara Amerika Akan Latihan di Beberapa Daerah Riau Berikut ini


Sumber: Anadolu Agency

Pewarta : Chaidar Abdullah