Tiga pimpinan DPRD Dumai ucap sumpah pelantikan

id Dprd dumai, pimpinan dprd dumai,pelantikan pimpinan dprd dumai

Tiga pimpinan DPRD Dumai ucap sumpah pelantikan

Pelantikan pimpinan DPRD Dumai (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Tiga pimpinan DPRD Kota Dumai resmi dilantik dan mengucapkan sumpah di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Dumai Hendri Tobing, Senin. Ketiganya yaitu, Agus Purwanto dari Partai Demokrat sebagai ketua, Mawardi dari PKS dan Bahari PDIPpada posisi wakil ketua.

Proses pelantikan digelar dalam Paripurna dan Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD Dumai dipimpin Ketua Sementara Supriyanto di Gedung DPRD Jalan Perwira Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur.

Paripurna diawali pembacaan Surat keputusan (SK) Pimpinan DPRD Kota Dumai ditandatangani Gubernur Riau Syamsuar oleh Sekretaris DPRD Kota Dumai Fridason.

Ketua DPRD Dumai Agus Purwanto usai pengucapan sumpah berharap agar seluruh pimpinan dan anggota dewan langsung menjalankan fungsi dan peran sebagai anggota legislatif dan wakil rakyat hasil Pemilu 2019.

"Kami menyadari apapun tugas yang ditetapkan di pundak akan sulit berhasil tanpa solidaritas dukungan dan kebersamaan nyata dari seluruh anggota dewan, forum koordinasi pimpinan daerah dan semua pihak," kata Agus.

Selain itu, agar seluruh anggota dewan bersatu membangun Kota Dumai tanpa memandang warna dan mengajak untuk mengawal pelaksanaan pembangunan yang dijalankan pemerintahan dalam rangka mewujudkan visi misi Dumai kota makmur dan madani.

Sebagai bagian dari unsur pemerintah daerah, lanjutnya, DPRD tidak akan membiarkan Pemkot Dumai bekerja sendiri dalam menghadapi berbagai persoalan, karena disadari tantangan ke depan tidak sederhana.

"Ke depan tantangan dan persoalan pembangunan dari berbagai dimensi akan dihadapi bersama karena itu perlu koordinasi dan kekompakan bersama semua unsur pemerintah daerah," sebutnya.

Dalam kegiatan pelantikan Pimpinan DPRD ini dihadiri Walikota Dumai Zulkifli AS, Anggota DPRD Provinsi Riau Sunaryo, pimpinan instansi vertikal, KPUD, Bawaslu, pimpinan partai politik, tokoh adat, masyarakat, ormas dan lain nya.

Sebelumnya, DPRD Dumai sudah membentuk alat kelengkapan dewan, yaitu delapan fraksi berdasarkan jumlah keterwakilan kursi partai politik di lembaga wakil rakyat itu hasil Pemilu 2019.

Delapan fraksi, yaitu, Fraksi Demokrat 5 kursi, PKS 4, PDI Perjuangan 4, Nasdem 5 gabungan 1 dari Hanura, Golkar 3, PAN 3, PPP 3 dan Gerindra 3 kursi.

Diketahui, hasil penghitungan perolehan suara pemilihan legislatif, Partai Demokrat menjadi pemenang dengan lima kursi DPRD, disusul PKS, PDI Perjuangan dan Nasdem, sedangkan Golkar, PAN dan Gerindra, PPP tiga kursi, dan satu kursi untuk Partai Hanura.

Baca juga: Bunuh diri marak di Gunung Kidul. Ini yang diminta DPRD

Baca juga: Antrean panjang di SPBU, Anggota DPRD Riau soroti kelangkaan premium


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar