VIDEO - HUT TNI di Pekanbaru akan dimeriahkan pawai kendaraan tempur

id HUT TNI, HUT TNI Riau

VIDEO - HUT TNI di Pekanbaru akan dimeriahkan pawai kendaraan tempur

Pasukan TNI sedang melakukan latihan baris di Pekanbaru, Kamis (3/10). (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam beberapa hari ini sejak 2 Oktober 2019, pasukan TNI melakukan gladi resik sebagai persiapan upacara peringatan HUT TNI Ke-74 di Kota Pekanbarudengan menampilkan pawai sejumlah kendaraan tempur dan pawai kendaraan offroad.

"HUT TNI ke-74 dengan tema TNI Professional Kebanggan Rakyat. Kami Korem 031/Wira Bima sebagai pelaksana HUT kali mengajak seluruh partisipasi TNI AD, AU dan AL wilayah Riau untuk melaksanan gladi bersih pada 3 Oktober, dan hari H pada tanggal 5 Oktober," kata Kasi Ops Korem 031/WB Kolonel (Inf) Patar Sitorusdi Pekanbaru, Kamis.

Selain ribuan personel TNI AD, AU dan AL, pada pelaksanaan upacara nantinya, TNI juga mengundang segenap kolega Korps Polri, Aparatur Sipil Negara, serta ratusan pelajar se-Riau.

"Jati diri TNI ada empat yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara kebangsaan. TNI juga bersinergi dengan Pemda, Polri, Manggala Agni, BPBD, Masyarakat dan semua pihak sehingga bencana Karhutla Riau dapat teratasi," kata Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar yang turut hadir saat itu.



Dalam gladi resik kali ini, TNI juga menampilkan pawai masyarakat berdasarkan suku-suku adat di Indonesia dan tak lupa pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) berupa Tank Anoa, Panser BTR (Bronetransporter), Roket MLRS (Multiple Launcher Rocket System), Sepeda motor Babinsa, serta pawai Motor Gede dan mobil Offroad dari masyarakat.

Sementara menjelang peringatan HUT TNI ke-74 akan diberlakukan pengalihan arus di Jalan Gajah Mada, pengguna jalan diharapkan melewati jalan alternatif dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Baca juga: Karhutla Riau - Begini kisah prajurit padamkan Karhutla di Inhil

Baca juga: 6.000 personel TNI dikerahkan untuk amankan pelantikan anggota DPR/MPR RI