VIDEO - Setelah nyaris ricuh, Gubernur Riau akhirnya temui demo mahasiswa UIN Suska

id karhutla,kabut asap,gubernur riau syamsuar,berita riau antara,berita riau terbaru,demo mahasiswa

VIDEO - Setelah nyaris ricuh, Gubernur Riau akhirnya temui demo mahasiswa UIN Suska

Gubernur Riau Syamsuar (tengah) menemui mahasiswa UIN Suska yang menggelar demo terkait Karhutla di Pekanbaru, Senin (16/9/2019). (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulstan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menggelar demo yang berujung gesekan dengan petugas, Senin (16/9).

Akibatnya, Febriandi Nugroho, mahasiswa UIN Suska Fakultas Pertanian dan Peternakan harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara, Pekanbaru setelah terinjak-injak petugas pengamanan saat demo di gerbang Kantor Gubernur Riau.

Setelah jatuh korban luka, baru kemudian Gubernur Riau Syamsuar menemui para demonstran. Ia menjelaskan pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kami sudah berusaha melakukan pencegahan dan memadamkan api, berdasarkan laporan BMKG Riau memang oktober pertengahan baru memasuki musim hujan, tapi kami akan selalu berusaha, dan adek adek sekalian juga harus membantu dan saling menjaga,” kata Gubernur Riau Syamsuar.

Baca juga: Karhutla Riau - Mahasiswa kembali protes kelambanan Gubernur Riau atasi kabut asap

Demo protes lambannya penanganan Karhutla Riau



Dalam aksi mahasiswa yang kesekian kalinya dalam sepekan ini, para mahasiswa yang mengenakan masker penutup mulut dan hidung membakar ban bekas di depan gerbang. Panas dari kobaran api dan kepulan asap hitam dari ban yang terbakar meliputi para mahasiswa, yang terlihat bergeming di tempat mereka berdiri.

Koordinator aksi dari Aliansi Mahasiswa UIN Suska, Ikhwansyah mengatakan aksi tersebut adalah ungkapan kekecewaan terhadap kinerja Gubernur Riau, Komandan Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, yang sangat lamban merespons kebakaran di wilayahnya.

Sebab asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah memprihatinkan kerena membuat masyarakat Riau sakit dan terkena ISPA 39.277 orang.

Mahasiswa UIN juga kecewa atas tindakan aparat yang tidak sesuai telah membuat temannya cidera dan terbaring di rumah sakit.

Baca juga: Karhutla Riau - Ratusan mahasiswa demo saat pelantikan anggota DPRD Inhil terpilih

Baca juga: VIDEO - Gerah asap, Sapma PP Riau segel Kantor Gubernur

Baca juga: KLHK segel 42 perusahaan terkait karhutla. Di Riau ada.


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar