Prestasi Habibie - Jerman berterima kasih kepada Habibie

id BJ Habibie wafat,BJ Habibie,Jerman,Presiden Jerman,kebakaran hutan,kebakaran hutan dan lahan,asap karhutla,karhutla,riau berasap, bokep,jasmerah

Prestasi Habibie - Jerman berterima kasih kepada Habibie

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier saat menyampaikan pidato di Warsawa, Polandia, pada 1/9/2019 dalam peringatan 80 tahun pecahnya Perang Dunia II. ANTARA/Slawomir Kaminski/Agencja Gazeta via REUTER/TM

Jakarta (ANTARA) - Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier berterimakasih kepada Presiden RI ke-3 BJ Habibie, yang disebutnyatelah mempertahankan hubungan dekat budaya, tradisi, dan warga Jerman sejak Habibiemenjadi mahasiswa di Kota Aachen.

BJ Habibie diketahui menempuh studi teknik penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di Universitas Teknologi Rhein Westfalen, Aachen, setelah lulus dari Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung.

Bersama istri dan anaknya, Habibie sempat hidup di Jerman selepas kuliah dan bekerja di perusahaan kereta api sekitar tahun 1962.

Pada 1974, ia dipanggil Presiden RI kedua Soeharto untuk pulang ke Indonesia agar "mengurusi negara". Sejak itu, Habibie aktif dalam pemerintahan hingga menjadi presiden dan lengser pada Oktober 1999.

“Jerman berutang banyak padanya. Dia mencapai hal-hal luar biasa dan melakukan lebih dari siapa pun untuk membina hubungan dekat dan hangat antara negara dan rakyat kita,” kata Steinmeier dalam surat duka cita yang dikirimkannya kepadaPresiden RI Joko Widodo, Jumat.

Presiden Habibie bersama menantu Widya Thareq serta cucunya Felicia Habibie di Residence Starnberg, Munchen, Jerman. (Instagram/@habibiecenter)


Presiden Habibie disebut sebagai pria yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani negaranya dan memberikan kontribusi luar biasa bagi tanah airnya.

“Dia membuka jalan menuju demokrasi di Indonesia. Sepanjang hidupnya, Presiden Habibie juga bekerja secara khusus untuk memupuk hidup berdampingan secara damai antara agama dan budaya, dengan pertukaran dan saling menghormati yang berfungsi sebagai motivasi dan kekuatan penuntun untuk tindakannya,” tutur Steinmeier.

Atas segala prestasi dan jasanya, BJ Habibie dianugerahi Grand Cross 1st Class of Order of Merit dari Republik Federal Jerman.

“Kami telah kehilangan teman baik bagi Jerman dan pendukung hubungan kami yang tak kenal lelah. Kam berbelasungkawa kepada keluarga dan tanah airnya. Warisan Presiden Habibie akan tetap ada, dan kami tidak akan pernah melupakan sifatnya yang menawan dan upaya yang luar biasa atas nama persahabatan Indonesia-Jerman,” ujar Steinmeier.

BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB.

Almarhum dikebumikan di samping pusara istrinya, Hasri Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (12/9) siang.

Baca juga: Presiden Amerika Donald Trump dan Ibu Negara Melania sampaikan duka cita atas wafatnya BJ Habibie

Baca juga: Xanana Gusmao sampaikan belasungkawa atas kepergian BJ Habibie