Benarkah pola makan buruk bisa sebabkan kebutaan?

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Benarkah pola makan buruk

Benarkah pola makan buruk bisa sebabkan kebutaan?

Ilustrasi, menu makanan sehat keluarga (HO/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Pola makan atau diet yang buruk antara lain konsumsi junk food, makanan dengan asupan vitamin dan mineral yang tidak mencukupi ternyata bisa menyebabkan munculnya neuropati gizi optik atau kerusakan saraf optik, menurut studi dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Neuropati optik gizi, seperti dilansir Science Daily, adalah disfungsi saraf optik yang penting untuk penglihatan.

Baca juga: Buah manggis untuk kesehatan jantung hingga cegah kanker

Kondisi itu dipulihkan jika terdeteksi dini. Tetapi, jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan struktural permanen pada saraf optik dan kebutaan.

Selain pola makan, neuropati optik gizi bisa disebabkan masalah usus dan obat-obatan yang mengganggu penyerapan berbagai nutrisi penting.

Selain itu, ada kasus seseorang kehilangan penglihatan karena kekurangan vitamin B12, tembaga dan selenium, kadar seng yang tinggi, dan secara nyata kondisi itu menurunkan kadar vitamin D dan kepadatan mineral tulang. Padahal indeks massa tubuhnya (BMI) normal.

"Kasus ini menyoroti dampak diet terhadap kesehatan visual dan fisik, dan fakta asupan kalori dan BMI bukanlah indikator status gizi yang dapat diandalkan," kata Dr Denize Atan, penulis studi.

Tim peneliti merekomendasikan riwayat diet perlu menjadi bagian dari pemeriksaan klinis rutin termasuk tentang kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, untuk menghindari diagnosis neuropati optik gizi yang terlewatkan.

Baca juga: Ribuan Warga AS Meninggal Akibat Pola Makan Buruk

Baca juga: Pola Makan Siap Saji Picu Timbulnya Kanker

Pewarta : Lia Wanadriani Santosa