VIDEO - Disdik Siak bersyukur Balai Kerapatan Tinggi dikunjungi peserta SMN

id SMN Riau, SMN, SMN 2019, SMN Siak

VIDEO - Disdik Siak bersyukur Balai Kerapatan Tinggi dikunjungi peserta SMN

Balai Kerapatan Tinggi Kerajaan Siak. (Foto Antaranews/Vijay Kantau/19)

Siak (ANTARA) - Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 berkunjung ke tempat bersejarah lainnya di Kabupaten Siak, yaitu Balai Kerapatan Tinggi.

Pada Senin (19/8) dengan sinar mentari yang terik itu peserta SMN terlihat antusias mengunjungi situs-situs bersejarah di Kabupaten Siak.

Balai Kerapatan Tinggi adalah sebuah bangunan bersejarah di Kota Siak yang juga letaknya tak jauh dari komplek Istana Siak. Bangunan kuno itu dulunya berfungsi sebagai gedung Pengadilan di Kerajaan Siak. Lokasinya juga tak jauh dari Masjid Syahabudin, hanya sekitar 50 meter ke arah barat.

Bangunan ini usianya sudah ratusan tahun, dan menjadi salah satu bukti sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura yang bangunannya masih tetap utuh hingga saat ini.

Balai Kerapatan Tinggi dibangun menggunakan gaya Indische Empire atau Neo klasik pada tahun 1886 atau di masa pemerintahan Sultan Syarif Kasim.

Pembangunannya dilakukan secara gotong royong oleh suku-suku setempat di antaranya Datuk Suku Kampar, Datuk Suku Lima Puluh, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Tanah Datar dan sebagainya.

"AlhamdulillahSMN 2019 dari Yogyakarya sudah berkunjung dan mudah-mudahan mereka bisa tau siak dari jaman kerajaan hingga sekarang," kata Syamsir Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pedidikan Kabupaten Siak.

Dia berharap peserta SMN bisa mengetahui lebih jauh sejarah Riau yang juga turut berjuang untuk mewujudkan NKRI.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar