PNM bocorkan kesempatan berkarir di BUMN kepada peserta SMN Riau

id BUMN,SMN 2019, SMN Riau

Wakil Pemimpin PT Permodalan Nasional Madani Cabang Pekanbaru, Arfan memberikan materi kepada peserta SMN, Selasa.

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 30 Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Riau, Selasa, mengikuti pelatihan singkat yang diadakan tiga BUMN yakni PT Hutama Karya Infrastruktur, PT Perkebunan Nusantara V dan PT Permodalan Nasional Madani, sebelum berkunjungke Yogyakarta.

Dalam kegiatan itu, banyak pertanyaan yang sering diajukan peserta mengenai kesempatan berkarir di Badan Usaha Milik Negara tersebut.

Wakil Pemimpin PT Permodalan Nasional Madani Cabang Pekanbaru, Arfan berbagi ilmu dengan peserta bagaimana untuk mengabdi di perusahaan plat merah itu.

"PNM memiliki jaringan di 34 Provinsi dengan 2.587 kantor jaringan di seluriuh Indonesia, dengan jumlah nasabah program mekar yang telah mencapai 4,931 juta ibu-ibu rumah tangga. Sementara nasabah program ulam mencapai 71.588 jenis usaha," ujar Arfan.

Untuk mengenalkan akses permodalan kepada pelaku UMKM, pihaknya mengatakan kehadiran tenaga pendamping program sangat dibutuhkan untuk mensosialisasikan program kepada masyarakat luas.

"Umumnya, mereka yang direkrut ini tamatan SMA, sehingga kesempatan berkarir sangat terbuka bagi adik-adik," ujar Arfan saat pelatihan.

Sementara itu, Pemimpin PT PNM Cabang Pekanbaru, Hikmah Yetty menyebutkan pihaknya membuka kesempatan kerja bagi generasi muda sebagai tenaga pendamping program.

"Kita butuh banyak sekali tenaga kerja. Di Riau program mekar ada 34 cabang, dan akan bertambah lagi menjadi 42 cabang akhir tahun ini," ucapnya.

Dia menjelaskan, satu cabang program mekar membutuhkan 10 sampai 15 orang tenaga pendamping. Yang dicari adalah anak-anak generasi muda yang lulus SMA setingkat. Mereka akan mendapatkan pelatihan dan diberikan kesempatan untuk melanjutkan kuliah.

"Selain mekar kita juga punya program ulam, yang juga membutuhkan tenaga kerja yang besar, untuk posisi account officer micro. Bahkan seleksinya hampir tiap bulan dilakukan oleh tim SDM kita, kita juga hadir di job fair," ucapnya.

Sebagai informasi, sebanyak 30 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Provinsi Riau akan berangkat ke Yogyakarta selama sepekan.

Program SMNditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada pelajar SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar