Tahun 2011 Aturan Sertifikasi Guru Riau Diperketat

id tahun 2011, aturan sertifikasi, guru riau diperketat

Pekanbaru, 15/11 (ANTARA) - Dinas pendidikan Provinsi Riau akan memperketat aturan bagi guru yang akan mengikuti pelaksanaan sertifikasi terutama dalam penentuan kelulusan penilaian portofolio.

"Kami mengingatkan kepada para guru bahwa tahun 2011 mendatang peraturan untuk mengikuti ujian sertifikasi akan lebih ketat," kata Penanggungjawab Sertifikasi Guru Riau Kepri, Prof Dr H Isjoni MSi, Senin di Pekanbaru.

Ia mengatakan tim sertifikasi pusat memutuskan jumlah guru yang lulus sertifikasi tahun depan akan semakin sedikit.

"Tahun depan, tim sertifikasi pusat telah memutuskan bahwa jumlah guru yang lulus melalui penilaian portofolio akan lebih sedikit dibandingkan pada tahun sebelumnya," jelas Isjoni.

Ia mengatakan aturan tersebut diberlakukan mengingat dampak yang lebih baik terjadi pada guru ketika mengikuti Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), sebagai satu cara untuk bisa lulus sertifikasi ketika tidak lulus pada penilaian portofolio.

Dalam PLPG guru akan menerima materi-materi seperti kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan kompetensi assesment dan penilaian akan banyak manfaat yang bisa diperoleh para guru jika mengikuti PLPG.

Selain itu, peserta yang mengikuti PLPG ini juga bisa melakukan pelatihan bagi guru guru lainnya di sekolah tempat dirinya mengajar.

"Dalam PLPG ini mereka juga mempraktekkan bagaimana cara mengajar, mereka harus mengajar didepan para peserta lainnya. Mereka diajarkan materi penindakan kelas antara lain cara membuat karya ilmiah, modul dan penelitian lainnya. Ini sangat bermanfaat," kata Isjoni.

Pemerintah telah mengatur jadwal PLPG ini lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya, yakni kalau sebelumnya hanya 10 hari, tahun depan ditambah menjadi 20 hari.

"Kami berharap kepada para guru yang akan mengikuti proses sertifikasi guru tahun depan agar dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya," kata Isjoni.