APPI Siak Gelar Pemeriksaan Ibu Hamil

id appi siak, gelar pemeriksaan, ibu hamil

Siak, Riau (ANTARA) - Sekitar 300 warga Perawang Kabupaten Siak memeriksakan kesehatan kandungan yang dilakukan oleh Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Kabupaten Siak, Rabu 3/11.

APPI juga menjumpai ibu hamil yang kekurangan berat badan serta di sejumlah daerah lainnya dijumpai ibu hamil yang mengidap miom, kista bahkan gejala kanker rahim.

Ketua Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Kabupaten Siak, Hj Nuraini OK mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap ibu hamil ini bertujuan mendeteksi secara dini penyakit yang membahayakan ibu hamil dan bayi yang dikandung.

"Tujuan ini sesuai misi yang diemban oleh APPI, yakni menekan angka kematian ibu hamil, melahirkan, nifas dan bayi yang dilahirkan," ujarnya.

Aksi pengobatan kali ini, APPI membawa tim dokter sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 dokter spesialis kandungan dan 2 dokter umum serta membawa seperangkat alat USG.

Dari sekitar 150 ibu hamil yang diperiksa, menurut Agung, dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak, berat badan yang tidak sesuai dengan usia kandungan.

"Boleh dikatakan kurang asupan gizi," sebutnya.

Namun, di daerah lain di Kabupaten Siak , tambahnya dijumpai pula ibu hamil yang mengidap miom, kista bahkan gejala kanker. Kita fasilitasi mereka sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai," ujarnya.

Kebanyakan ibu yang datang memeriksakan kandungan adalah orang miskin, sehingga dengan pemeriksaan ini bisa mendeteksi secara dini penyakit yang diderita dan tujuan akhirnya bisa menekan angka kematian ibu hamil dan melahirkan serta anak yang dilahirkan.

Sejak APPI terbentuk tahun 2006 di Kabupaten Siak turut memberikan kontribusi dalam hal penurunan angka kematian ibu hamil, melahirkan, nifas dan bayi yang dilahirkan.

"Untuk tahun 2010 ini kita hanya menjumpai 2 kasus ibu melahirkan meningggal di Kecamatan Sungai Apit dan satu kasus di Sabak Auh," rincinya.