Bupati Bengkalis: Sistem zonasi untuk meratakan mutu pendidikan

id bupati bengkalis,Sistem zonasi untuk pemerataan,ppdb, info bengkalis

Bupati Bengkalis: Sistem zonasi untuk meratakan mutu pendidikan

Ilustrasi (Antaranews).

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Riau Amril Mukminin mengungkapkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 dilakukan melalui mekanisme pendaftaran zonasi, prestasi atau perpindahan, bertujuan untuk meratakan mutu pendidikan di semua sekolah.

"Dengan adanya sistem tersebut, tidak ada lagi yang namanya sekolah favorit, karena semuanya telah sama, sama-sama memberikan ilmu kepada generasi bangsa Indonesia," ujar Amril, Sabtu.

Dikatakannya, kebijakan sistem zonasi PPDB akan dilanjutkan dengan tata kelola guru dan pendidikan yang meliputi kompetensi, penetapan kualifikasi yang linier, penyebaran yang merata, perolehan dan kelayakan sertifikasi, serta mekanisme perekrutan.

Selain itu pembangunan pendidikan menjadi salah satu fokus pembangunan yang sangat penting dan menjadi sebuah investasi jangka panjang. Untuk itu Pemkab Bengkalis mengalokasikan dana untuk menunjang sektor pendidikan

"Pendidikan, merupakan fokus pembangunan yang sangat penting bagi proses pembangunan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengalokasikan anggaran pendidikan di atas 20 persen dari APBD," ujar Amril Mukminin.

Agar peraturan/kebijakan bidang pendidikan dapat terlaksana dengan optimal, Bupati mengingatkan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis untuk menuangkan peraturan tersebut dalam bentuk program dan kegiatan yang nyata dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, terutama dengan masyarakat pendidikan.

Amril Mukminin juga menegaskan kepada seluruh sekolah untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, baik dari sekolah SD, SMP, maupun SMA dan SMK yang kini telah berada dibawah Pemerintah Provinsi.

"Seluruh sekolah termasuk SMA atau SMK meskipun tidak di bawah Pemerintah Kabupaten Bengkalis lagi, kami minta untuk selalu berkoordinasi. Apa saja persoalan yang muncul sampaikan. Karena dengan adanya komunikasi yang baik dapat menyelesaikan segala persoalan tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Sistem Zonasi bisa tekan gejolak terhadap PPDB

Baca juga: Pekanbaru sediakan 8.300 bangku bagi peserta PPDB SMPN