Arus mudik jalur Pelabuhan Sei Duku mulai naik pada H-6 Idul Fitri 1440 H

id Sei duku,arus mudik

Arus mudik jalur Pelabuhan Sei Duku mulai naik pada H-6 Idul Fitri 1440 H

Pemudik melambaikan tangan ke arah keluarga dari balik jendela KM Jelatik yang hendak berangkat di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, Kamis (30/5/2019) ANTARA FOTO/Rony Muharrman/aww.

Pekanbaru (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Pelabuhan Sei Duku Kota Pekanbaru menyatakan arus mudik jalur laut mulai tampak meningkat dibandingkan biasa pada H-6 Idul Fitri 1440 H mencapai 1.061 penumpang .

"Kemarin tanggal 30 Mei jumlah penumpang yang menggunakan kapal lewat Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, naik dari total 660 sehari sebelumnya menjadi 1.061 orang pulang dan pergi," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Baginda Daulay kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Baginda Daulay menyatakan selisih kenaikan sekitar 350 orang penumpang dari hari biasa yang hanya berada di kisaran 650-an.

Menurut Baginda kenaikan

ini bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya hari libur pada Kamis (30/5), selain itu memang bertepatan ada jadwal beroperasinya kapal Jelatik.

Menurut dia, jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi laut pada sehari sebelumnya hanya 317 untuk kedatangan dan 343 keberangkatan. Dengan jumlah kapal yang beroperasi 12 trip pulang-pergi. Dengan rincian 10 trip dengan masing-masing lima kali berangkat dan pulang dari Pekanbaru tujuan Perawang. Serta dua kali untuk tujuan Siak.

Maka untuk untuk Kamis tanggal (30/5) jumlah penumpang yang datang naik mencapai 454 sedangkan yang berangkat dari Pekanbaruada 607 orang. Demikian juga jumlah kapal yang beroperasi naik menjadi 16 trip. Untuk wilayah tujuan juga bertambah menjadi Selat Panjang, Perawang dan Siak.

"Memang tidak dipungkiri arus mudik juga mulai alami lonjakan, walau bertepatan dengan jadwal berlayar kapal Jelatik Selasa, Kamis dan Sabtu, intinya arus mudik H-6 mulai alami peningkatan," rincinya.

Ia menambahkan arus puncak mudik diperkirakan akan terjadi Minggu, Senin hingga Selasa depan.

"Karena perkantoran sudah meliburkan karyawannya," pungkasnya.

Sementara untuk pengawasan Pelabuhan Sei Duku ia menambahkan, pihak pelabuhan sudah membuka posko pengaduan dan penanganan di halaman parkiran setempat.

Posko ini akan berdiri selama H-7 hingga H+7, dengan tim yang tergabung dari Basarnas, petugas kesehatan, polisi, KKP dan Satpol -PP.