Berusia 46 tahun, Karlovic petenis tertua dari Kroasia menang di Roland Garros

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, olahraga, tenis

Berusia 46 tahun, Karlovic petenis tertua dari Kroasia menang di Roland Garros

Ivo Karlovic (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Petenis Kroasia Ivo Karlovic yang berusia 46 tahun menjadi petenis tertua yang memenangi pertandingan di Prancis Terbuka, Selasa (Rabu WIB) setelah mengalahkan sesama petenis veteran Feliciano Lopez asal Spanyol di babak pertama.

Karlovic yang genap berusia 46 tahun pada Februari lalu, menang 7-6(4) 7-5 6-7(7) 7-5 dalam pertandingan yang menampilkan jumlah usia 77 tahun jika usia kedua petenis tersebut digabung, tertua dalam era Grand Slam.

Baca juga: Diane Parry petenis termuda menangi laga France Open pada dekade ini

Karlovic menjadi petenis tertua yang memenangi sebuah pertandingan di Roland Garros, sejak Torben Ulrich pada 1973 ketika berusia 44 tahun.

Ia juga menjadi petenis putra tertua yang memenangi pertandingan di turnamen Grand Slam setelah Ken Rosewall, juga 44 tahun pada 1978 di Australian Terbuka.

Petenis terakhir yang masih bertanding di nomor tunggal setelah menginjak usia 40 tahun adalah petenis AS Jimmy Connors pada AS Terbuka 1992.

Karlovic, petenis Kroasia yang bertubuh tinggi besar, menghunjamkan 35 pukulan as untuk melaju ke babak kedua dan akan berhadapan dengan petenis muda Australia, Jordan Thompson.

"Kemenangan ini sangat berarti. Meski tercatat dalam catatan sebagai rekor tertua, setidaknya ada dalam catatan dan saya menyukainya," kata Karlovic usai pertandingan.

"Saya tidak bertanding selama dua bulan, jadi saya sangat gembira bisa menang disini hari ini," katanya seperti dikutip Reuters.

Karlovic, peringkat 94 dunia, sebelumnya telah memutuskan untuk bertanding di setiap jenis lapangan sebagai persiapan menghadapi turnamen di Roland Garros, dimana ia belum pernah melewati babak ketiga.

Baca juga: Cedera paksa Angelique Kerber mundur dari Madrid Open

Baca juga: Petenis Argentina Del Potro siap kembali beraksi di Madrid Open


Pewarta: Atman Ahdiat