Wabup Inhil minta petugas awasi kapal lebihi kapasitas penumpang

id Wabup Inhil, syamsuddin uti, SU, hari raya idul fitri, angkutan penumpang

Wakil Bupati Inhil, Syamsuddin Uti

Tembilahan (ANTARA) - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Wakil Bupati Indragiri HilirSyamsuddin Uti mengimbau kepada pihak terkait untuk melakukan pengawasan terhadap kapal penumpang cepat yang melebihi kapasitas angkut karena berisiko terhadap keselamatan.

"Syahbandar dan pihak terkait lainnnya agar mengawasi setiap angkutan laut di pelabuhan-pelabuhan supaya tidak ada penumpukan penumpang," ucap Syamsuddindi Tembilahan, Jumat.

Pria yang akrab disapa SU itu mengatakan, jelang Hari Raya Idul Fitri , jumlah pengguna angkutan umum akan melonjak, hal itu akan berdampak pada padatnya jumlah penumpang.

Di Kabupaten Inhil sendiri, 83 persen pengguna angkutan umum menggunakan jalur laut dan sungai untuk mudik lebaran, hal itu membuat kapal menjadi primadona masyarakat.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk, lanjut SU perlu pengawasan ketat jangan melebihi kapasitas apalagi sampai ada penumpang yang duduk di atas kapal karena hal itu membahayakan.

"Tolong benar-benar diawasi apalagi sampai ada yang duduk di atas speedboad karena itu berbahaya bagi penumpang," harap SU.

Menanggapi permintaan tersebut, perwakilan Syahbandar Tembilahan, Leo mengungkapkan bahwa sejak H-15 hingga H+15 Idul Fitri, pihaknya melakukan uji petik di lapangan terhadap angkutan laut yang masuk maupun keluar di perairan Indragiri.

Dia juga meminta kepada pihak terkait agar terus melakukan koordinasi dalam mengawasi angkutan umum demi keselamatan para penumpang.

"Kami juga mohon bantuan pihak terkait lainnya dalam mengawasi setiap angkutan," pintanya yang juga meminta kesadaran masyarakat untuk tertib saat menggunakan modatransportasi laut.

Baca juga: Bocah lima tahun jadi korban terkaman buaya di Sungai Morong Inhu
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar