Bupati Bengkalis ajak masyarakat bayar zakat melalui Baznas

id Bupati Bengkalis,zakat,baznas,berita riau antara,berita riau terbaru,ramadhan 2019,ramadhan

Bupati Bengkalis ajak masyarakat bayar zakat melalui Baznas

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyerahkan bnatuan kepada masyarakat dalam rangka safari ramadhan di Kecamatan Bukit Batu.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Provinsi Riau Amril Mukminin mengajak masyarakat agar dapat menyalurkan pembayaran zakat melalui Badan Zakat Nasional (Baznas) daerah setempat, agar dapat menjadi kekuatan finansial yang besar bagi usaha memperbaiki kehidupan sosial umat Islam.

"Kita perlu juga meningkatkan aktifitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum duafa,melalui lembaga amil yang dikelola pemerintah," ujar Amril Mukminin ketika melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Bukit Batu, Jumat malam.

Selain itu Amril juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan ibadah zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap dan sempurna.

Baznas Kabupaten Bengkalis Suhaili mengatakan bahwa Sesuai ketentuan undang undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Baznas ditunjuk untuk mengelola nya.

“Untuk penyaluran kami berpedoman PerBaznas (Peraturan Baznas nomor 3 tahun 2018) tentang pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Sedangkan untuk mustahik 8 golongan sesuai ketentuan Al-Quran surah taubah ayat 60,” terangnya.

Suhaili mengungkapkan Baznas selalu melakukan survei dan memperhatikan persyaratan bagi si penerima bantuan. Seperti adanya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa setempat.

“Penyaluran kami utamakan untuk produktif. Kalau kosumtif ini terbatas khusus ramadhan kami ikut bersama bupati saat safari hanya bersifat kosumtif,” lanjutnya.

Pada Safari Ramadhan ke empat orang nomor satu di Negeri Junjungan ini juga melakukan penyerahan santunan dan bantuan kepada anak yatim, kaum duafa dan sejumlah masjid di Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu.

Baca juga: Bupati Bengkalis minta desa alokasikan lima persen pembangunan literasi

Baca juga: Jalin silaturahmi, Bupati Bengkalis ngopi bareng bersama masyarakat