Demokrat klaim kebagian sembilan kursi di DPRD Riau, dua di DPR RI

id Demokrat,pemilu 2019,Demokrat Riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Demokrat klaim kebagian sembilan kursi di DPRD Riau, dua di DPR RI

Ketua Demokrat Riau Asri Auzar (Antaranews/Diana Syafni)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau, Asri Auzarmemperkirakanbakal mendapatkan sembilan kursi di DPRDProvinsi Riau dan kebagian dua kursi untuk DPR RI.

"Sembilan kursi untuk provinsi, itu real count. Kota Pekanbaru dua kursi setiap dapil terisi satu kursi untuk DPRD Riau. Sementara kursi DPR RI kebagian dua, satu di Riau I dan satu di Riau II," kata Asri Auzar di Pekanbaru, Senin.

Menurut politisi asal Rokan Hilir tersebut, pada pemilu kali ini Demokratterbantu oleh hasil perolehan kursi di daerah pemilihan (dapil) kota Pekanbaru. Jika dibandingkan Pileg 2014 lalu, Asri menyebutkan posisi Demokrat masih bertahan dimana partai berlambang mercy itu mengirimkan sembilan orang untuk mengisi DPRD Riau dan dua orang di DPR RI.

"Kita masih bertahan di 15 persen. Perolehan kursi sama seperti Pileg sebelumnya, DPR RI dua, DPRD Riau sembilan kursi ," ucapnya.

"Hanya saja di DPRD Kabupaten kota ada yang bertambah dan ada yang berkurang," sambungnya.

Baca juga: PKS klaim peroleh suara tertinggi di Riau

Asri menambahkan, pekiraan raihan sembilan kursi tersebut berdasarkan data real count yang dilakukan Partai Demokrat dengan data yang masuk mencapai 95 persen.Adapun jumlah kursi yang diperebutkan untuk DPRD Riau sebanyak 65 kursi.

"Potensi masih ada tambahan satu kursi lagi di Rokan Hulu untuk DPRD Riau. Kalau dulu di Siak-Pelalawan tidak kebagian kursi sekarang kebagian, ini amanah masyarakat yang perlu kita jaga" ucapnya.

Untuk di DPRD Riau, sebut dia, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini berpeluang berada diunsur pimpinan.

Disinggung mengenai penyelenggaraan pemilu kali ini, Asri mengakui ada sejumlah persoalan yang mesti diurai untuk lima tahun ke depan.

Dia mencontohkan, lamanya tahapan kampanye pada pemilu serentak. Tahapan kampanye yang lama, kata Asri, ikut mempengaruhi daya tahan para caleg saat memasuki tahapan pemungutan suara.

"Kedepan ada baiknya jangan selama itu, kasihan para caleg ketika pemungutan suara," katanya.

Beberapa waktu lalu, PKS mengklaim panen perolehan suara di DPRD Riau dan DPR RI. Sementara itu PPP Riau tak ingin mengekpos perolehan suara mereka.

Baca juga: PKS Riau prediksi peroleh lima kursi untuk DPR RI dan 14 kursi DPRD Riau