Hadiri Ziarah Kubro, Alfedri minta Pemko Palembang promosikan Haul Sultan Siak

id ziarah kubro, haul sultan siak, wisata siak

Hadiri Ziarah Kubro, Alfedri minta Pemko Palembang promosikan Haul Sultan Siak

Bupati Siak, Alfedri menghadiri Haul dan Ziarah Kubro di Palembang.(Antaranews/Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Bupati Siak, Alfedri pada Minggu (28/4/2019) memenuhi undangan dari Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sumatera Selatan,untuk menghadiri acara Haul dan Ziarah Kubro tahun 2019 di Kota Mpek-Mpek tersebut.

Ziarah Kubro dilaksanakan mulai 26-28 April 2019, dan pusat perayaan ziarah Kubro dilaksanakan di komplek Makam Kambang Koci terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang."Seperti yang kita lihat, bahwa antusias masyarakat untuk mengikuti Ziarah Kubro ini sangat luar biasa", ucapAlfedri.

Peserta ziarah Kubro juga datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri seperti Yaman, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Kegiatan ini, kata dia, sama dengan Haul Sultan yang dilaksanakan pada bulan Sya'ban di Siak, hanya saja Ziarah Kubro sudah masuk 100 kalender Pariwisata Indonesia.

Haul Sultan merupakan kegiatan ziarah ke makam Sultan Siak maupun ke makam ulama, yang berguna untuk mengingatkan kita kepada seluruh jasanya selama ini sehingga untuk pelaksanaan Haul Sultan ke depannya, kami akan berusaha meningkatkan jumlah peserta.

"Untuk meningkatkan jumlah peserta Haul Sultan, ke depannya kami akan mengundang masyarakat luas, dan melalui Dinas Pariwisata juga meningkatkan penyebarluasan informasi pelaksanaan Haul Sultan melalui Media Sosial," jelas mantan Wakil Bupati Siak itu.

Selain itu, pihaknya juga akan meminta bantuan kepada Pemko Palembang untuk menyebarluaskan informasi pelaksanaan Haul Sultan yang ada di Siak. "Insya Allah kami akan jadikan Haul Sultan sebagai wisata Destinasi Wisata Religi, melalui wisata halal yang ada di Siak," tuturnya.

Sehari sebelumnya, Bupati Siak Alfedri bersama Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Basriansyah, juga mengikuti Haul Al Habib Abdurrahman bin Alwi bin Syeikh As-seggaf, Komplek Assegaf, Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Plaju, Kota Palembang. (adv)